Ukm Karate Berdikari Bushido Unitri : Loyalitas Terhadap Organisasi Sangat Penting, Juara Ialah Bonus Bagi Kami

Ukm Karate Berdikari Bushindo Unitri Malang saat ikuti bazar Ukm - Ist
Ukm Karate Berdikari Bushindo Unitri Malang saat ikuti bazar Ukm - Ist
Lpm-Papyrus.com - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karate Berdikari Bushido Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, semakin menancapkan popularitasnya. Baik dalam lingkup kampus maupun diluar kampus. Hal ini terlihat jelas dari berbagai kegiatan yang diikuti, bahkan bisa dikatakan bahwa UKM yang berdiri sejak tanggal 11 November 2011 ini merupakan salah satu penyumbang rutin piala bagi Unitri.

Dengan tujuan memasyarakatkan olahraga bela diri Karate dan membina generasi muda menuju puncak prestasi di masa yang akan datang. Maka UKM Karate Berdikari Bushido tidak hanya aktif dalam mengikuti kejuaraan akan tetapi juga rutin dalam pelaksaan  kejuaraan Karate.

Beberapa kejuaraan yang telah dilaksanakan diantaranya adalah Kejuaraan Karate Unitri Cup I Tahun 2016(Jawa Timur), dan juga Kejuaraan Karate Unitri Cup II Tahun 2017 (Jawa-Bali). Berbagai kejuaraan tersebut tidak hanya menguntungkan bagi Ukm Karate Berdikari Bushido akan tetapi juga memiliki andil yang besar bagi eksistensi kampus. 

Untuk berada pada titik ini bukanlah sesuatu yang instan, sangat panjang proses yang harus dilalui oleh teman-teman dari UKM Karate Berdikari Bushido. Latihan rutin dua kali dalam seminggu harus mereka lakoni demi mendapatkan hasil yang maksimal. Bahkan Training Center (TC) juga harus dilakukan demi menghadapi berbagi kejuaraan yang akan diikuti oleh Ukm Karate Berdikari Bushido. 

Ketua Umum Ukm Karate Berdikari Bushindo Unitri, Reza Ahmad Zaky - Ist
Ketua Umum Ukm Karate Berdikari Bushindo Unitri, Reza Ahmad Zaky - Ist
Terhitung sejak awal didirikan pada tahun 2011 sudah lebih dari 100 predikat juara yang diraih oleh Ukm Karate Berdikari Bushido. Dari tingkat Malang Raya hingga Internasional sudah pernah dicicipi oleh mereka. Seperti yang disampaikan oleh salah satu juara, sekaligus Ketua Umum dari UKM Karate Unitri, Reza Ahmad Zaky. Mereka selama ini selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi Unitri. Melalui berbagai kejuaraan ini ia berharap kedepannya nanti Unitri bisa dikenal secara luas, terutama melalui karate. 

“Sejauh ini pada tahun 2018 saja kami telah mengikuti sebanyak 3 kejuaan. Dengan hasil 10 predikat juara. Sementara untuk terdekat ini kami sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Malang Open 2108. Semoga di Malang Open nanti kami bisa memberikan yang terbaik bagi Ukm, terutama bagi kampus,”jelas Reza, Jumat (19/10).

Reza menyampaikan bahwa kekompakan dari anggota Ukm Karate Berdikari Bushido ini tidak hanya dalam hal latihan dan event saja. Bahkan dalam setiap kejuaraan yang mereka ikuti selain mendapatkan dana dari kampus, mereka dengan sukarela juga mengumpulkan uang sebagai bentuk dukungan kepada rekannya yang mengikuti pertandingan.

"Loyalitas menjadi syarat wajib bagi setiap anggota Ukm Karate Berdikari Bushido. Bagi mereka title juara hanyalah pada saat momen pengalungan medali dan penyerahan tropi saja, seletah turun dari podium mereka semua telah resmi menjadi mantan juara, yang bisa digantikan dan dikalahkan kapan saja,"tegasnya.

“Bukan masalah seberapa banyak piala ataupun penghargaan yang kami peroleh, akan tetapi bagi kami prestasi tertinggi adalah pada saat kami mampu memberikan loyalitas yang tinggi kepada organisasi kami. Kalau juara itu ya kami anggap sebagai bonus dari latihan yang selama ini kami lakukan. Pada intinya fokus kami adalah bagaimana cara kita berdedikasi pada Ukm ini dengan menunjukan adanya perkembangan yang semakin baik kedepannya,”pungkasnya. (kiki)

No comments