Miskonsepsi Teori Darwin, Ini Penjelasanya!

Miskonsepsi Teori Darwin, Ini Penjelasanya!
Suasana diskusi bersama Chandra, di Lab jurnalistik - Linda
Lpm-papyrus.com - Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang gelar diskusi bersama Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan, Chandra Adi Prabowo dengan tema diskusi " Darwin dan Asal Usul Manusia " di Lab Jurnalistik, Rabu (14/11).

Diskusi tersebut banyak mengkaji teori Evolusi yang dimaksudkan Darwin berdasarkan buku "The Origin of Species By Means Of Natural Selection " serta Asal usul Manusia.

Dalam diskusi tersebut, Chandra  menjelaskan bahwa teori evolusi adalah catatan perjalanan tentang suatu perubahan yang berlansung jutaan tahun. Perubahan-perubahan tersebut terjadi karena seleksi alam yang berlaku atau bisa dikatakan karena pengaruh lingkungan.

"Darwin awalnya melakukan perjalanan ke pulau-pulau di Amerika selatan dan disana ia menemukan spesies burung yang sama namun hidup dilingkungan yang berbeda dan burung-burung ini juga memiliki paruh yang berbeda sesuai dengan lingkungan yang ditempatinya. Burung yang hidup dikepulauan dengan biji-bijian banyak, paruhnya lebih kuat dan tajam sementara dikepulaauan lain yang tidak memiliki biji-bijian, paruhnya lebih kecil. Hal ini terjadi karena mereka hanya bisa bertahan hidup di daerah yang bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka, jika tidak mereka akan mati," jelas Chandra.

Miskonsepsi Teori Darwin, Ini Penjelasanya!

Dia juga menjelaskan bahwa asal usul manusia sebenarnya dari sudut pandang ilmu pengetahuan belum bisa diketahui, dan teori Darwin juga tidak menjelaskan bahwa manusia dari kera. 

"Dalam buku Darwin tidak pernah dijelaskan bahwa manusia berasal dari kera. Hal ini terjadi karena orang tidak membaca buku darwin yang original karena buku yang beredar ada sedikit bagian yang hilang, sehingga menjadi kontroversi dan misskonsepsi. Manusia itu sebenarnya masuk dalam penggolongan animalia yang serumpun dengan kera. Itulah yang membuat manusia hampir mirip dengan kera tetapi bukan berasal dari kera ," tegasnya.

Di akhir diskusi beliau juga mengharapkan mahasiswa bisa lebih paham dengan teori darwin dan berpesan agar tidak menghubungkan dengan agama karena ilmu pengetahuan dengan Agama susah untuk dikaitkan satusama lain .

"Semoga diskusi ini bisa membuat mahasiswa paham akan teori Darwin dan asal usul manusia sendiri karena sebenarnya manusia belum tahu akan dirinya sendiri,"pungkas Chandra. (linda)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »