Diskusi Menarik Eksil dan Buruh Migran Indonesia

Sulih Indra Dewi sedang memaparkan sharing dalam diskusi Eksil dan Buruh Migran Indonesia



Lpm-papyrus.com- Diskusi eksil dan buruh migran Indonesia dilaksanakan di Cafe Pustaka Universitas Negeri Malang, Kamis (15/08). Diskusi tersebut diadakan atas kerjasama EUTENIKA, Center for culture and frontier studies dan Cafe Pustaka dalam #5 EUTENIKA Monthly Discussion Series.

Diskusi yang mengangkat persoalan buruh migran tersebut dihadiri pemateri perempuan yang ahli dibidangnya dan punya pengalaman di luar negeri. Diantaranya ada Ratna Saptari (Leiden University), Dian Mutmainah (EUTENIKA dan dosen HI UB) dan Sulih Indra Dewi (Eks AU PAIR di Belanda dan dosen UNITRI).

Diskusi tersebut dihadiri oleh civitas akademis hingga mantan buruh migran, dan berlangsung santai dengan mengangkat sharing serius berkaitan dengan prosedur migrasi, kesulitan yang dihadapi migran Indonesia di luar negeri, hingga masalah-masalah yang tidak terduga.

Sulih Indra Dewi yang mengaku mendapat host family yang baik di Belanda, tidak menjamin hal itu terjadi pada semua migran di luar negeri.

"Syukurnya adalah saya punya host family yang welcome dan memperlakukan saya dengan baik. Hal ini mungkin berbeda kondisinya bagi beberapa orang, teman saya misalnya yang mendapat tuan rumah tidak sesuai ekspektasi," pungkasnya yang dilanjutkan sharing pengalaman di negeri kincir angin tersebut.

Acara yang dipandu oleh Mely Noviry Ani (EUTENIKA dan dosen HI UB) tersebut berlangsung dari pukul 18.00 hingga pukul 21.00 WIB. (tini)

3 comments: