Prodi Himapublik Unitri Buka Pendaftaran Internsip

Situasi pendaftaran internship Himapublik

Papyrus - Himpunan MahasiswaAdministrasi Publik (Himapublik)  Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang membuka pendaftaraan Internship mulai tanggal  13 April 2020 hingga 15 Mei 2020 mendatang, di gedung baru Fisip lantai lima.

Ketua pelaksana  internship, Perdinandus mengatakan pendaftaran dibuka dari pukul 09.00-12.00 WIB. Kuota pendaftaran terbatas 15 orang perhari untuk mengurangi kepadatan dalam menghindari penularan covid-19.

"Mengingat situasi dan kondisi lingkungan yang belum kondusif, maka kepanitiaan menghimbau untuk peserta yang ingin mendaftar, dianjurkan datang ke kampus tidak  beramai-ramai," ungkapnya ketika diwawancara papyrus via WhatsApp pada Senin, (13/04).

Perdinandus juga mengatakan bahwa pendaftar kegiatan tersebut harus memenuhi beberapa persyaratan utama. Diantaranya mahasiswa telah menempuh minimal 100 Satuan Kredit Semester (SKS) dan 80 Surat Keterangan Kegiatan (SKK).

"Adapun berkas mahasiswa yang perlu dipersiapkan sesuai dengan surat pengumumannya adalah print out transkrip dari SIAPNG (bukti menempuh min. 100 SKS), foto copy hasil rekapan SKK dari kemahasiswaan/ foto copy bukti mengikuti kegiatan (sertifikat) sebanyak 80 SKK dengan membawa  sertifikat asli," terangnya.

Dia melanjutkan, "Slip asli pembayaran BNI 46 (warna biru) yang berisi pembayaran internship sebesar Rp. 150.000 kepada Yayasan Bina Patria Nusantara dan Kwitansi pembayaran penutupan Internship Rp. 35.000, dibayarkan kepada panitia internship. Semua berkas tersebut dimasukkan ke dalam map  plastik warna hijau," jelasnya.

Kepala Program Studi (KPS) Himapublik Firman Firdaus, mengatakan kegiatan Internship tersebut adalah mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh program studi administrasi publik setiap semester.

"Mahasiswa bukan hanya mencari kemampuan namun experience di dunia pemerintahan. Dunia pemerintahan memiliki karakteristik yang berbeda dengan sektor swasta pada umumnya. Jadi poinnya adalah pembentukan karakteristik mahasiswa yang sesuai dengan kebutuhan lulusan program studi administrasi publik diasah di dunia pemerintahan. Dimana titik tekan perubahan karakteristik itu sendiri berapa pada etika birokrasi. Oleh karena itu pendidikan etika menjadi sangat penting di Himapubilk," tegasnya.

Firman menambahkan, internship diprioritaskan bagi instansi sehingga 80% kerjasama rata-rata dengan instansi seperti Dinas atau Pemerintah desa.

"Kerja sama tentang internship ini adalah kerja sama tentang tri dharma perguruan tinggi. Meliputi pendidikan, pengabdian masyarakat, dan penelitian dan internship masuk kepada poin pendidikan," ungkapnya.

Dia juga mengaku sudah banyak pemerintahan desa yang turut bekerjasama dengan Himapublik.

"Ada beberapa desa yang sudah menjalin kerjasama dengan program studi administrasi publik. Rata-rata untuk pemerintahan desa yang sudah terjalin di kota batu contohnya Desa Pandanrejo. Ada juga yang berada di kabupaten Malang, misalnya Desa Kucur. Kerjasama ini tidak hanya sebatas internship saja karena berisi tentang Tri Dharma termasuk penelitian juga," tutupnya. (Nathan/Bolin/Epak) 

No comments