Peran Teknologi Dalam Bidang Pendidikan di Indonesia di Tengah Covid-19

Marselinus Seliman (gambar: papyrus) 
Papyrus - Pendidikan merupakan hal terpenting untuk setiap bidang kehidupan manusia. Dalam bidang pendidikan atau pembelajaran tidak dapat dipungkiri lagi bahwa teknologi menjadi hal utama dalam proses pembelajaran.

Pada era globalisasi seperti sekarang menuntut manusia untuk melek terhadap  teknologi.

Pemanfaatan teknologi ini sangat membantu untuk meningkatkan kualitas suatu pembelajaran dan pendidikan yang merupakan kunci untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan membawa suatu bangsa menuju suatu kejayaan dan kemakmuran.

Tujuan lain dari pemanfaatan teknologi ini dalam proses pembelajaran adalah untuk mempermudah penyampaian segala informasi dari pengajar kepada pelajar maupun sebaliknya, dengan menggunakan media yang unik dan menarik sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kreativitas siswa maupun mahasiswa.

Namun dunia saat ini tengah dilanda wabah penyakit yang disebabkan oleh virus corona (Covid-19). Situasi pandemi ini mampu seketika mengubah kehidupan masyarakat dunia dan menjadi ancaman bagi sektor kesehatan, ekonomi maupun sektor pendidikan dan lain sebagainya.

Negara Indonesia juga tidak terluput dari tantangan pandemi covid-19. Hal ini membuat pemerintah Indonesia mengambil langkah untuk memberhentikan segala aktivitas diluar rumah dan dilaksanakan dari rumah saja. 

Sehingga ruang lingkup pergerakan manusia dipersempit dan segalah kegiatan belajar mengajar dari siswa maupun mahasiswa diganti menjadi metode online learning (e-learning).

Salah satu sektor yang terdampak pandemi ini adalah sektor pendidikan yang begitu banyak aktivitas fisik rutin, seperti pertemuan tatap muka diganti dengan online.

Hal ini  menjadi pilihan terbaik bagi pendidikan Indonesia demi melancarkan atau melaksanakan aktivitas belajar mengajar bagi mahasiswa.

Penyajian sistem pembelajaran online berbasis web ini lebih interaktif dan memungkinkan akses pembelajaran dan perkuliaan masih bisa dilakukan secara efektif dan efisien.

Disinilah peran dan kedudukan suatu teknologi harus dikedepankan, demi kelancaran komunikasi dan pembelajaran bagi semua sektor pendidikan di Indonesia.

Dengan adanya teknologi informasi dalam pembelajaran menggunakan berbagai situs seperti, google meet, zoom, rumah belajar sekaligus televisi dan situs lainnya bisa digunakan untuk melaksanakan pembelajaran, walaupun masih banyak kendala atau masalah karena masih banyak daerah yang belum terjangkau  internet.

Tentu dalam proses pembelajaran online ini membutuhkan atau menggunakan berbagai alat teknologi yang dapat membantu maupun sebagai perantara atau penyambung belajar mengajar antara dosen atau guru dengan mahasiswa maupun siswanya.

Teknologi-teknologi yang digunakan atau yang dibutuhkan dalam hal ini yaitu; Handphone (Hp), laptop dan komputer. Ketiga alat teknologi ini memiliki peran penting dalam menghubungkan kegiatan kuliah atau belajar secara online.

Tentu setiap teknologi yang digunakan dalam satuan pendidikan disaat  pandemi Covid-19 bisa digunakan asalkan teknologi informasi (jaringan internet) bisa terjangkau ke setiap pendidikan di Indonesia. 

Hal ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintahan Indonesia, dimana masih ada daerah–daerah yang masih belum terjangkau oleh jaringan internet sehingga kegiatan belajar mengajar pun menjadi sendat.

Semoga pemanfaatan media teknologi secara daring dan media lainnya didukung dengan konektivitas internet yang ada di masing–masing satuan pendidikan. 

Sehingga aktivitas pembelajaran dan perkuliahan terus berlangsung tanpa ada efek yang sedang dihadapi masyarakat sekarang yaitu penyebaran pandemi Covid-19.

Mudah-mudahan dengan adanya sistem seperti ini, Covid-19 akan segera lenyap dari lingkungan kehidupan manusia setelah semua komunitas manusia menaati serta disiplin mengikuti seluruh ketentuan pemerintah dalam masa pencegahan pandemi Covid-19 yang masih menyebar di Indonesia. (Marselinus Seliman) 

2 comments: