Ciptakan Karya Film Dokumenter, Mahasiswa Unitri Ungkap Pendekatan Emosional Jadi Kunci

Salah satu karya Film Dokumenter mahasiswa Komunikasi Unitri "Sampahmu Uangku"

Papyrus - Aprilia Rinanda Karunia, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, memproduksi film dokumenter berjudul “Sampahmu Uangku, Selasa (23/3/2021).

Mahasiswa semester 6 tersebut mengaku, proses pembuatan film menghabiskan waktu kurang lebih tiga bulan dari November hingga Februari.

“Proses itu meliputi tiga minggu pra-produksi, tiga minggu produksi dan dua minggu lebih proses pasca-produksi dan beberapa kegiatan pendukung lainnya dan juga karena proses shooting tidak dilakukan setiap hari,” jelas mahasiswa yang sering disapa Nanda.

Ia juga mengungkapkan bahwa pendekatan emosional sangatlah penting untuk dilakukan, agar ketika narasumber diwawancarai tidak adanya rasa canggung dan asing. Kemudian jelaskan juga maksud kedatangan kita kepada para narasumber dengan sejelas mungkin, agar tidak terjadi salah paham.

“Sebelum melakukan wawancara kita harus membangun rasa percaya mereka dulu terhadap kita, nyamannya mereka itu gimana. Ketika mereka udah merasa nyaman itu pasti segala sesuatunya pasti berjalan dengan baik. Kemarin kita juga disangka mau kasi bantuan. Nah yang begitu itu harus segera kita luruskan dulu, lalu kita sampaikan tujuan kita datang itu mau ngapain,” ucapnya.

Aprilia juga mengungkapkan pembuatan film tersebut melibatkan enam orang crew, diantaranya ada dua orang sebagai pewawancara dan empat orang sebagai kameramen dan ditambah lagi dengan satu orang editor.

“Produksinya melibatkan enam orang, saya dengan satu teman sebagai pewawancara dan ada empat orang sebagai kameramen, empat orang ini ngak selalu hadir siapa yang mau ikut ayo,” tutupnya. (Alex)

No comments