Dari Kayong Utara untuk Indonesia


PowerNews - Kabupaten Kayong Utara merupakan daerah yang terletak di Kalimantan Barat,Indonesia. Kayong uta yang baru berdiri secara administratif pada tahun 2007, berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2007 pada tanggal 2 Januari 2007.
Dengan luas wilayah mencapai 4.568,26 km2  dan jumlah penduduk mencapai 95.594 jiwa (2010) , pemerintah daerah diharuskan memiliki ide yang luar biasa agar potensi sumber daya dapat dimanfaatkan dengan baik.
Pemerintah memogramkan pendidikan gratis 12 tahun dan kesehatan gratis yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Kayong Utara.
Menyadari akan pentingnya pengembangan sumber daya manusia untuk mengelola kakayaan sumber daya alam Kayong Utara, pemerintah daerah masih meneruskan program pendidikan gratis kejenjang perguruan tingga, hingga 1.000 lebih mahasiswa asala Kayong Utara yang dapat mengenyam pendidikan diperguruan tinggi dengan biaya penuh ditanggung oleh pemerintah daerah.
Dengan pengeluaran APBD hingga 20 miliar setiap tahunnya untuk program pendidikan bukanlah hal yang kecil, sedangkan dana yang disediakan pemerintah hanya lebih dari 15 miliar,ungkap Ikhwani,Bagian Kesos Pemda Kayong Utara.
Keseriusan pemerintah daerah terlihat dengan penyebaran mahasiswa kesetiap kampus diseluruh Indonesia seperti,Semarang,Yogyakarta,Jakarta,Bogor, Magelang,Pontianak,Malang dan yang lainnya.
Pemerintah daerah mengharapkan dengan penyebaran mahasiswa keberbagai kampus se-Indonesia dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Kabupaten Kayong Utara dan mendapat pelajaran dari berbagai kota besar di Indonesia agar bisa diterapkan di Kayong Utara,ungkap H.Hildi Hamid,Bupati Kayong Utara.

Pembangunan rumah sakit yang ditargetkan pada bulan September 2017 harus sudah beroperasi dengan minimal empat dokter spesialis juga menjadi target pemerintah daerah.
Mahasiswa yang selesai masa studinya dituntut memiliki skill yang lebih dibandingkan yang lainnya,Ujar Ikwani.
Pelayanan kesehatan gratis yang dicanangkan pemerintah daerah menjadi sangat penting,karena kesadaran masyarakat akan hidup sehat yang masih kurang.

Momen puncak yang baru saja terselenggara ialah “Sail Selat Karimata”, Sail Selat Karimata adalah program pengenalan wisata bahari dan budaya yang ada di Kabupaten Kayong Utara. Pada acara pembukaan yang langsung dihadiri oleh Presiden RI beserta rombongan.
Dengan adanya event tersebut pemerintah daerah menargetkan kedatangan turis lokal maupun internasional bisa terus meningkat di Kabupaten Kayong Utara.
Efek yang kita dapatkan selain dari objek wisata, kita juga mendapatkan infrastruktu yang baik, bantuan langsung dari pusat,ujar Bupati Kayong Utara.
Semua program akan terus berjalan dengan baik, dengan adanya kerjasama antara instansi-instansi terkait dan juga masyarakat.
(ha’ar)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »