Kayong Utara Dengan Wisata Bahari


Kayong Utara: foto Sail Selat Karimata,Pantai Pulau Datok, Desa Sutera Kec, Sukadana

           
Kabupaten Kayong Utara dulunya merupakan daerah bagian dari Kabupaten Ketapang yang bernamakan sukadana sebagai kecamatan, setelah sekian lama berjalanya waktu dengan melihat potensi yang ada, Sukadana Yang kini menjadi ibu kota Kabupaten Kayong Utara Mulai melepaskan diri dari kabupaten ketapang. Dengan perjuangan dan proses yang teramat berat yang di lalui oleh pelopor serta organisasi mahasiswa dan pemuda seperti Himakatra( Himpunan Mahasiswa Kayong Utara). Hingga akhirnya Kabupaten Kayong Utara bisa berdiri sendiri hingga saat ini sesuai dengan bunyi Undang-Undang No 6 tahun 2007. Kabupaten Kayong Utara yang Baru Berumur 10 thn hingga sekarang sudah banyak mengalami perubahan dari yang dulunya hanya sekedar Kecamatan kini telah berubah menjadi pusat pemerintahan kota.

Kabupaten Kayong Utara merupakan kabupaten baru dengan jumlah desa, 43 Desa,(info Kalbar) dan jumlah Kecamatan, 5 ( lima kecamatan) di antaranya, kec. Teluk batang, Seponti, Simpang Hilir, Sukadana dn kecamatan Pulau Maya Karimata. Dari keadaan wilayah dan jumlah kecamatan serta desa yang ada Kayong Utara merupakan kabupaten Yang memprogramkan pendidikan dan kesehatan geratis bagi masyarakatnya. Dimana pendidikan geratis ini di  terapkan dari Sekolah Dasar ( SD) sampai Sekolah menengah Atas ( SMA) serta pendidikan geratis di perguruan tinggi dengn sistem beasiswa.
Dengan pendidikan gratis tersebut di harapkan dapat mempercepat pembangunan SDM,  ( sumber daya Manusia) di Kabupaten Kayong Utara. Selain itu di kabupaten Kayong Utara juga Banyak mempunya potensi Alam yang Luar biasa, Hal ini di sebabkan dengan luasnya wilayah laut dan pengunungan yang luas sehingga potensi pertanian dan perikanan seperti nelayan menjadi ikon ekonomi yang besar di kabupaten tersebut. Tidak hanya dari sektor pertanian dan sektor laut yang menjadi ikon perekonomian. di kabupaten Kayong Utara Juga mempunyai Potensi Wisata Yang Indah baik dari segi darat seperti Gunung Palung Yang menjadi surga penelitian bagi para peneliti di karenakan banyaknya satwa- satwa yang masih terlindungi dan belum tersentuh tangan, seperti Orang Utan, bekantan Dan lain sebagainya.
Selain sektor wisata dari gunung palung Kayong Utara juga mempunyai wisata yang indah dari kawasan laut, seperti kawasan pantai ( Pantai Pulau datok) pulau pelapis dan pulau maya karimata yang kaya akan Kawasan lautnya serta penuh dengan keragaman Alam bawah lautnya .
Kabupaten  Kayong utara dapat di golongkan sebagai kabupaten yang baru tetapi memiliki potensi yang sangat besar di sektor wisata dan perkembangan yang pesat. Dimana Kabupaten Kayong Utara mengikuti Even Internasional yang tergabung dalam wonderful indonesia, even internasional ini bernama Sail selat karimata. Dalam pagelaranya even ini di ikuti oleh  touris domestik Maupun mancanegara.
Wisata laut ini merupakan perhelatan yang pertama kali ada di kabupaten kayong Utara. Dimana acara puncak Sail selat Karimata ini di resmikan pada tangal 15 oktober 2016 yang di buka langsung Oleh Joko widodo sebagai presiden indonesia. Dalam pidatonya Jokowi Menyampaikan dan mengingatkan bahwa indonesia 71% adalah laut dan presiden mengajak Untuk kembali kelaut sebagai tempat menaruh harapan menuju indonesia kedepan sebagai bangsa yang bahari.
"Saya ingin mengingatkan kepada kita semua bahwa 71 persen Indonesia adalah air, adalah laut. Laut bukan hanya sumber kehidupan dan masa depan kita, tapi laut juga menyatukan kurang lebih 17 ribu pulau di nusantara. Laut bukan memisahkan antar bangsa, tapi laut justru menjadikan kita terhubung satu dengan yang lain," kata Jokowi.( detik.com)
"Akhirnya, tidak ada keraguan untuk menegaskan bahwa laut adalah masa depan kita bersama. Ayo kita kembali ke laut, kembali ke selat dan kembali ke samudera. Jadikan laut sebagai tempat menaruh harapan menuju Indonesia sebagai bangsa bahari, bangsa yang maju dan menjadi bangsa pemenang," kata Jokowi. ( detik.com).
Setelah melakukan Pidato dan membuka sail karimata di kabupaten kayong Utara presiden jokowi menyaksikan atraksi udara oleh TNI dan atraksi lainya seperti terjun payung dan atraksi atraksi lain di even internasional ini.
(kariman)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »