Adakan Pameran, TIP Sulap Bahan Pangan Lokal Lebih Bernilai Jual

Lpm-papyrus.com - Mahaiswa jurusan teknologi industri pertanian (TIP) mengadakan pameran pangan lokal pada acara parade budaya nusantara di Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UnitriI), dengan konsep galeri industri produk hasil penelitian mahasiswa TIP, Sabtu (20/5).

"Pameran ini memang hasil produk dari mahasisiwa TIP. Semua bahan-bahan dari pangan lokal, terdiri dari berbagai ubi-ubian diolah menjadi tepung, dan dibuat menjadi berbagai macam mie", kata Fika Manda salah satu penjaga stand pameran.
Menurut Fika Manda yang juga pengurus Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian (Himatip) mengatakan, produk ini segaja dibuat dalam bentuk kering agar tidak mudah kadarluarsa.

Nur Khalis selaku Ketua Himatip mengatakan produk dari bahan ubi diantaranya mie gembili, suweg, uwi, kelabi dan jagung pulut. Bahan pangan lokal yang sebelumnya dianggap kurang bermanfaat, kini disulap menjadi lebih berguna dan menambah nilai jual.
"Jagungnya hanya dibakar, kemudian diolah menjadi tepung yang berfungsi untuk berbagai macam olahan seperti mie, biskuit dan  kerupuk", tambahnya.
"Tepung dari ubi-ubian itu semua diformulasi menjadi olahan mie, agar bahannya tidak harus pakai tepung terigu", ujar Rozana selaku Dosen TIP dan penanggungjawab produk. (Mz/Red)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »