Mahasiswa Unitri Belajar Mengkafani Janazah

Lpm-Papyrus.com - Mahasiswa Muslim Semester Empat Belajar Mengkafani Janazah di Masjid Margo Utomo, tepatnya di  Kampus Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, Selasa (23/5). Praktik mengkafani janazah merupakan bagian dari mata kuliah Agama Islam yang wajib di tempuh oleh mahasiswa muslim Unitri. Praktik mengkafani  janazah ini termasuk pertama kali diadakan oleh mahasiswa semester empat.

Praktik mengkafani janazah ini juga merupakan persyaratan bagi mahasiswa semester empat untuk kemudian bisa mengikuti Ujian Akhir Semester. Praktik ini diadakan diluar jam mata kuliah, karena mengingat waktu yang di tentukan dalam mata kuliah kurang begitu maksimal. Aturan ini hasil dari kesepakatan antara dosen dan mahasiswanya.

Selain itu,  Fauzi selaku dosen pengampuh dari mata kuliah Agama Islam itu mengatakan, “mahasiswa harus mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam hal mengkafani janazah, karena ini sangat penting dan ini pasti dibutuhkan ketika nanti mereka  terjun ke masyarakat. Maka dari itu, sebagai mahasiswa harus mempunyai kemampuan lebih”. Ujarnya

Ketika mahasiswa nanti sudah bisa dan paham terkait bagaimana cara mengafani janazah yang benar dan sesuai dengan syariat islam, maka akan di adakan  praktik selanjutnya, yaitu mengenai bagaimana cara memandikan dan menguburkan janazah, tambahnya.

Hedy Wiyono sebagai salah satu mahasiswa dari semester empat  juga sangat antusias dalam mengikuti praktik mengkafani janazah, karena selama ini ‘’saya tidak pernah belajar mensholati janazah, apalagi sampai  praktik mengkafani seperti ini’’. Hedy panggilan akrabnya, juga menambahkan, pria yang sangat kentara dengan logat maduranya itu ‘’saya sangat bersyukur masih bisa belajar, seandainya saya tidak kuliah kemungkinan saya tidak tau apa-apa mengenai hal ini sambil menutup obrolannya. (icol)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »