Rokok Tukar Kurma "Hari Tanpa Tembakau



Lpm-papyrus.com - Beragam kegiatan positif seakan tidak ada habisnya disaat datangnya bulan suci Ramadhan, seperti yang di lakukan komunitas KAWAN Malang ( Komunitas Anti Narkoba) di Alun-alun Malang, Minggu (11/6).

Kegiatan Orasi sekaligus persuasif yang dilakukan para anggota KAWAN kepada pengunjung di Alun-Alun Kota Malang, agar mengerti dan paham akan bahaya dari perokok aktif maupun pasif. Yang dampaknya bisa mengancam kesehatan diri sendiri, keluarga (anak dan istri), serta orang lain disekitar kita. Menurut pengakuan dari anggota KAWAN, yang paling menarik dari kegiatan ini adalah dengan menukarkan rokok yang dibawa oleh pengunjung Alun-Alun Kota Malang dengan lima butir buah kurma dan air mineral kemasan. Dimana kegiatan ini terdiri dari 7 UKM di Universitas ternama di Kota Malang, seperti UKM "Komando" (UIN Malang), "Tegas" (Brawijaya Malang), "Pesan" (ITN Malang), dll.

"Motivasi yang mendasari KAWAN untuk melakukan Orasi Hari Tanpa Tembakau adalah mirisnya di zaman sekarang ini banyak anak-anak kecil yang sudah menjadi perokok aktif, selain itu banyaknya orang-orang dewasa yang merokok di depan anak kecil. Padahal bahaya rokok yang sebenarnya adalah perokok pasif, dimana orang tidak merokok menghirup asap rokok secara langsung dari pada orang yang merokok. Sehingga kami melakukan referensi kepada pengunjung untuk berfikir dan mengkaji kembali antara kebutuhan membeli rokok dengan kepentingan yang lain, sehingga kami disini berinisiatif menukarkan rokok dengan kurma dan air mineral kemasan". Tandasnya M. Amang Abror, selaku ketua pelaksana.


Meskipun Hari Tanpa Tembakau jatuh pada tanggal 31 Mei kemarin, namun dari anggota KAWAN tetap melanjutkan kegiatan ini walaupun terlambat. Karena sebelumnya anggota KAWAN terhalang oleh UAS di masing-masing kampus, sehingga para anggota KAWAN baru bisa melaksanakan kegiatan tersebut tanggal 11 Juni. (Toink)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »