Bangun Potensi Agribisnis Dalam Kemajuan Industri Pertanian Jawa Timur Melalui Kuliah Tamu

lpm papyrus
Foto : Kuliah Umum Himpunan Mahasiswa Agribisnis (HIMAGRI) di GOR Unitri - Ali
Lpm-Papyrus.com – Himpunan  Mahasiswa Agribisnis (Himagri), Program Studi Agribisnis Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, mengadakan Kuliah Umum yang dihadiri oleh General Manajer PT. Petrokimia Gresik, Iwan Dhaniyarso di Gedung Olahraga (GOR) Unitri Malang, Kamis (07/12).


Saat ditemui Papyrus sesaat setelah acara selesai, Iwan Dhaniyarso menyampaikan tentang peran agribisnis dalam menunjang pertanian di Jawa Timur, tetapi seorang agribisnis harus mampu menstabilitaskan dan mendukukng program ketahanan pangan Nasional.


Menurutnya, kegiatan tersebut agar menjadi kegiatan menambah wawasan tentang dunia pertanian, yang berada di luar kampus Unitri, serta mengetahui setiap kebijakan pemerintah dari rangkaian mengenai pertanian Nasional, mulai  pemerintah sampai ke petani, sehingga mahasiswa mampu mengetahui produksi pangan, sampai pada kebutuhan konsumsi secara Nasional. Selain itu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam miningkatkan produksi pangan, dan tantangan-tantangan yang lainnya.


“Jika sekarang mahasiswa hanya mengenal teori saja di kampus, itu masih kurang cukup dalam mengembangkan dan mengetahui potensi industry pertanian di Jawa Timur, kita mengetahui segala potensi industri pertanian yang ada di negeri ini, dengan perlunya program keluar untuk menunjang potensi dan pengetahuan mengenai potensi tersebut,” tegas Iwan Dhaniyarso.


Sementara itu, menurut Dekan Pertanian, Amir Hamzah menganggap kegiatan tersebut sangat luar biasa, dan postif adalam fakultas pertanian, itulah yang sangat dibutuhkan sebagai ajang mencarai pengalaman dan wawasan dari luar Unitri, mampu mnghdarikan para peneliti, dan pakar handal dalam bidang pertanian, ia juga menambahkan pentingnya mencarai wawasan diluar kampus, karena hanya belajar di dalam tidak cukup, khusunya mahasiswa agribisnis harus mampu belajar diluar, itulah yang selama ini dilakukan fakultas pertanian, khususnya di Prodi Agribisnis.


“Kegitan tersebut tidak hanya berhenti saat ini juga, tapi harus bisa berkelanjutan, tantangan yang akan dihadapi jauh lebih besar, karana saat ini persaingan tidak hanya di tingkat Universitas, tapi persaingan sudah ke tingkat Negara, Ia menambahkan segala kegiatan yang sifatnya akademis harus tetap dipertahankan dan dikembangkan," pungkasnya.


"Saya mengharap kepercayaan dan kesinergisan antara prodi dan HMJ, dalam mengadakan dan melaksnakan segala bentuk kegiatan yang bias mengembangkan potensi mahasiswa agribisnis, yang lebih maju dan bergerak bersama-sama membentuk kekuatan yang besar,” tambah Amir.


Menurut Ketua Program Studi Agribisnis, Ninin Khoirunnisa menyatakan dirinya sangat bangga dengan pencapaian kegiatan yang dilakukan panitia, serta ia juga mengucapakn banyak terimakasih pada bapak Ahmad Yusuf Kholil, selaku Pembina Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan pengurus Himagri keseluruhannya, ia merasa bangga karena mampu mendatangkan pemateri yang kelasnya seorang General Manajer PT. Petrokimia Gresik.


“Tujuan dari kegitan ini tersebut tidak lain sebagai Kuliah Umum, dan memperkenalkan potensi yang ada di Prodi Agribisnis, juga karena mahasiswa yang ada di Unitri, berasal dari beberapa daerah yang berbeda, dan  mungkin mempunyai potensi pertanian yang berbeda di Jawa Timur, serta membawa mahasiswa mengetahui segala potensi dan kemajuan industri pertanian yang ada di Jawa Timur, sehingga nantinya biar membantu mahasiswa dalam melaksanakan program kerja, Penelitian, Skripsi, atau pun tugas akhir, kegiatan ini juga sebagi acuan awal tentang potensi agribisnis di Jawa Timur,” Ujar Ninin.


Ninin juga menuturkan telah menentukan program kerja selanjutnya bagi Prodi Himagri Unitri di bidang pertanian.


"Selanjutnya sudah ada, itu merupakan program kerja dari Himagri, dan nantinya aka ada program Studi Lapangan, dan program Kenal Profesi, dan kemungkinan akan mengadakan seminar pertanian yang menggabungakn semua prodi di fakultas pertanian, tutur Ninin.


"Untuk Himagri selalu bisa mengadakan acara yang lebih berkualitas dan lebih menantang baik dari segi pemateri ataupun dari tema, dirinya juga sangat senang dengan pencapaian acara ini, bisa mendatangkan pemateri yang notabeni orang besar, bisa mau dan datang ke-Unitri khusunya di prodi agribisnis, di situ adalah sangat sulit dan langka, harapannya bagi Himagri, semakin kompak, inovatif dan menunjukkan selangkah lebih maju dari prodi lain, tambah Ninin saat menyampaikan materi.


Ketua pelaksna Kuliah Umum Himagri, Nur Muhlis menyatakan kegiatan tersebut sudah dipersiapkan satu bulan lebih sebelum acara tersebut, mulai dari konsep sampai pada teknisnya, dan diikuti 250 mahasiswa Agribisnis dan 20 lebih mahasiswa prodi lain.


“Kuliah Umum ini ruang lingkupnya hanya di fakultas pertanian, akan tetapai acara tersebut bisa menerima mahasiswa di prodi lain, dengan hanya mengundang atau mewakili sepuluh orang dari setiap prodi di fakultas pertanian, dan yang diundang tidak hanya HMJ yang di Unitri, tapi HMJ dari luar Unitri,” jelasnya.


Menurutnya tujuan kegitan tersebut untuk meningkatkan kualitas mahasiswa Agribisnis dalam sektor hulu, seperti pupuk, kedepannya akan mengundang semua prodi di fakultas pertanian untuk aktif menggerakkan hati dan pikiran mahasiswa, serta lebih mengenal potensi industrsi pertanian dari daerah masing-masing, yang dimana setiap potensi industri pertaniannya berbeda, dan kegiatan tersebut sebagai ajang untuk mengetahui setiap potensi dari berbagai daerah.


“Hrapan untuk mahasiswa agribisnis, supaya lebih antusias lagi katika mengikuti kegiatan HMJ, karena tujuan kegiatan ini tidak lain untuk mencari wawasan yang lebih luas, juga meningkatkan akreditasi Prodi Agribisnis," ujar Nur Mukhlis saat diwawancarai.  (Ali)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »