Header Ads

ad

Mujair Asam Pedas Tempoyak Pemenang IFF Ke 7

Pemenang Juara 1 dalam IFF, Masakan Ikan Mujair Asam Pedas Tempoyak - Ist
Lpm-Papyrus.com- Ikan Mujair Asam Pedas Tempoyak menjadi pemenang dalam acara Indonesian Food Festival yang diadakan oleh Himpunan  Mahasiswa Studi Teknologi Industri Pertanian (HIMATIP) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, (14/5).

Acara yang berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) tersebut memperlombakan makanan Khas daerah dari seluruh Indonesia. Salah satunya makanan khas Kalimantan Barat yakni Ikan Mujair asam pedas  tempoyak  yang menjadi jaura pertama dalam dalam perhelatan tersebut.

Menurut salah satu peserta pemenang, Syuriana Mintarsih makanan khas Borneo tersebut proses memasaknya dibutuhkan waktu sekitar tiga puluh menit. Sedangkan bahan-bahan yang menjadi ciri khas makanan tersebut adalah tempoyak dan bahan tersebut dibawa langsung dari Kalimantan.

Juri menilai makanan tersebut masih sedikit kurang sempurna. Ada beberapa hal yang masih harus perbaiki.

“Juri memeberikan saran minumannya memakai pewarna buah, dan ikannya direbus dulu baru dimasak, kalau kami ini langsung dimasak,” tutur Syuriana Mintarsih peserta pemenang.

Selain itu, tidak kalah menarik masakan khas Papua yaitu Papeda yang mejadi juara ke-dua. Masakan tersebut berbahan dasar sagu, yang disajikan dengan kuah kuning, gladi tumbu, ikan bakar, terong belanda, dan kemudian yang terakhir sayur agas-agas. semua itu merupakan masakan khas dari papua.

Pemenang juara 2, masakan Papeda, kuah kuning, ikan bakar, dan jus terong belanda. Foto:Vira
Masakan khas Maumere menjadi juara 3, singkong kukus (Ai Ohu Hunan). Foto: Yeti

Ketua Pelakasana , Muhammad Zamroni berharap kepada seluruh peserta dan pemenang dapat selalu mengembangkan dan berinovasi terhadap masakan lokal sehingga tidak selalu makanan impor. (vira)

No comments