Prodi PGSD Adakan Latihan Rutin Pramuka

Prodi PGSD Adakan Latihan Rutin Pramuka
Suasana latihan rutin mahasiswa PGSD Unitri Malang, Jumat (19/10) - Kiki
Lpm-papyrus.com - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), melaksankan kegiatan rutin  yakni pelatihan Pramuka, Jum'at sore (19/10). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Mahasiswa PGSD, dan berlokasi di Grahadi Utomo Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang (Unitri). 

Pembina Pramuka, Rendy Wahyu Satriyo M Pd menuturkan bahwa pelatihan ini merupakan kegiatan rutin setiap bulan bagi Mahasiswa PGSD. Kegiatan ini termasuk dalam salah satu program kerja (proker) dari prodi PGSD. Seperti yang telah disampaikan oleh Kepala Program Studi (KPS) PGSD sesuai dengan keputusan Kemendikbud bahwa setiap satuan pendidikan wajib mengadakan ekstrakulikuler. Sehingga diharapkapkan para calon guru di Unitri ini nantinya mampu mendidik dan melatih materi yang ada di dalam Pramuka. 

"Kita sampai saat ini sudah pertemua kedua, dan untuk materi hari ini adalah prionering, yang hari ini kita isi dengan dasar-dasar tali temali. Karena ini yang dilatih adalah Mahasiswa maka yang diterapkan adalah metode pedagogik yang mengarah ke andragogik. Jadi untuk materi kita selalu membebaskan setiap peserta untuk memilih materi apa setiap minggunya,"ujarnya. 

Pelatihan ini sifatnya adalah dari pandega, untuk pandega dan oleh pandega. Sehingga setiap materi yang akan disampaikan adalah hasil dari musyawarah yang setiap pertemuannya adalah pemberian wawasan mengenai seperti apa Pramuka yang ada di tataran Sekolah Dasar (SD). Setiap ketua kelompok kecil pandega atau yang disebut Reka, memiliki tugas untuk memusyawarahkan mengenai materi pada setiap pertemuan. 

"Untuk kedepannya nanti tidak hanya PGSD yang mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti pelatihan pramuka, akan tetapi dari pendidikan Matematika, dan biologi juga akan mewajibkan pelatihan ini. Karena goalsnya nanti adalah mereka para calon pendidik ini mahir sebagi pembina pramuka tingkat dasar," ungkap pembina yang merangkap sebagai tutor UT Malang ini. 

Beliau juga berharap, pada nantinya para calon pendidik dari prodi PGSD ini mampu diandalkan sebagai pembina pramuka dalam satuan pendidikannya. Sesuai dengan prinsip dasar pramuka dan juga metode kepramukaan yang dijabarkan dalam Dasa dharma pramuka, serta trisatya pramuka. Sehingga mereka semua mampu menjadi guru ataupun pendidik yang bisa menerapkan pendidikan kepramukaan di satuan pendidikan. (kiki/satrio) 

No comments