Ukm Teater Kopi Ingin Membongkar Idealisme Lewat Peran

Ukm Teater Kopi Ingin Membongkar Idealisme Lewat Peran
Ukm Teater Kopi saat lakukan latihan, Senin (22/10) - Kiki
Lpm-papyrus.com - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Kopi Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, melakukan latihan terakhir sebelum mengikuti Festival Teater Mahasiswa : Sepasang Aktor se-Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang (UM). Latihan tersebut bertempat di Gedung Hayam Wuruk Unitri. 

Sutradara teater kopi, Khalis Len mengungkapkan dalam mengikuti perlombaan kali ini UKM Teater Kopi akan membawakan sebuah naskah yang berjudul Sartini dan Dasim. Naskah yang merupakan karya dari Sigit Priyo Utomo ini merupakan adapatasi dari sebuah naskah yang berjudul Rumah Gila, karya Sutak Wardiyono. Hesty Diah dan Hafid Rianto dipercaya untuk memerankan tokoh Sartini dan Dasim. 

“Sejauh ini setelah melakukan berbagai persiapan mulai dari pencarian naskah, bedah naskah, penggarapan keaktoran, olah tubuh, suara dan lain sebagainya hingga pengadeganan selama kurang lebih 1,5 bulan. Saya merasa persiapan kami sudah 99%,” jelasnya, Senin (22/10).

Khalis juga menceritakan untuk penggarapan musik sendiri baru bisa mereka kerjakan kurang lebih h-10. Hal ini dikarenakan keterbatasan ruangan yang tidak memungkinkan bagi mereka untuk membawa perakatan musik gamelan sebagai pengiring. Selain itu banyaknya kegiatan yang berada di kampus seperti persiapan diklat juga cukup merepotkan mereka dalam mencari tempat latihan. Ia juga mengatakan bahwa selain untuk mengikuti perlombaan, naskah yang mereka garap ini juga akan ditampilkan dalam peringatan Hari Lahir (harlah) Ukm Teater Kopi. 

“Untuk keseluruhan kami akan memberangkatkan 15 orang anggota dari Ukm Teater Kopi. Masing-masing terbagi sebagai aktor, kru musik, kru setting, dan juga sutradara. Allhamdulilah kami juga mendapatkan dukungan dari pihak kampus dalam segi finansial sehingga kami sangat terbantu,” tuturnya.

Dalam perlombaaan ini mereka tidak mengharapkan juara ataupun mendapat gelar yang terbaik. UKM Teater Kopi benar-benar mejadikan ini sebagai tahapan untuk berproses, dengan tujuan untuk membongkar idealisme dari setiap anggota Teater Kopi. Sehingga nantinya mereka semua bisa benar-benar melebur untuk membangun Teater Kopi. Inti dari semuanya adalah bagaimana cara membangkitkan semangat para anngota Teater Kopi, sekaligus pembuktian kedapa masing-masing anggota bahwa mereka semua mampu berproses dengan baik. (kiki)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »