PMII Country Jadikan Momen Harlah Sebagai Ajang Refleksi Citra Diri

PMII Country Jadikan Momen Harlah Sebagai Ajang Refleksi Citra Diri
Pemotongan tumpeng oleh Ketua komisariat Country Unitri Malang - Novi
Lpm-papyrus.com - Memperingati hari lahir (Harlah) ke-14, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) komisariat Country Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang gelar syukuran dengan tema Refleksi Citra Diri PMII Country di Hall Komisariat Country Unitri Malang, Jumat (9/11).

Berdasarkn penuturan Sekertaris Wakil Ketua Satu (Waka I ), Adi Mahendra bahwa peringatan harlah yang ke-14 dan sekaligus digabungkan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan acara tahunan yang memiliki nilai keistimewaan tersendiri bagi kader PMII, untuk mensyukuri sekaligus kembali melihat sejauh mana perjalanan PMII di usia yang ke-14 tahun itu.

"Kenapa kami mengambil tema ini, Iyah, karena kami merasa diusia yang sudah memasuki usia remaja ini, perlu kiranya kita merefleksikan kembali citra diri khususnya PMII Country sehingga kembali nampak di permukaan" tutur mahasiswa program studi manajemen semester 7 itu.

Selain itu Ketua Komisariat Country, Igbal Madani menyampaikan acara harlah yang digelar pada Jumat malam tersebut tidak hanya sebagai wujud syukur atas bertambahnya usia, namun juga menjadi ajang untuk mengevaluasi sejauh mana proses belajar kader di PMII Country. Ia menganggap acara yang hanya diperingati sekali dalam setahun ini menjadi momentum yang spesial dan mengandung nilai-nilai positif bagi anggota PMII.

"Saya memaknai ajang harlah lebih kepada evaluasi diri terhadap proses belajar dan kinerja kader PMII, baik sebagai pengurus maupun anggota. Karena kami ketahui bahwa keberadaan PMII Country sebagai wadah atau media pembentukan karakter mahasiswa saat ini masih diperhitungkan" ungkapnya.

Iqbal juga menambahkan bahwa keberadaan organisasi ekstra kampus masih menjadi pilihan mahasiswa untuk belajar dan berproses menjadi aktivis, yang diharapkan dapat memiliki nilai tambah ketimbang mahasiswa yang hanya sebatas kuliah pulang atau keren nya disebut mahasiswa kupu-kupu. 

"Kita sadari bersama bahwa mahasiswa memiliki peran vital di masyarakat baik sebagai agen of change, agen of development, agen of social control dan agen-agen yang lainnya pasti memerlukan pembelajaran yang lebih agar memiliki bekal untuk menapak kan kaki di masa depan, dan salah satu wadahnya adalah di PMII ini " tambah Iqbal.
PMII Country Jadikan Momen Harlah Sebagai Ajang Refleksi Citra Diri
Penyerahan tumpeng kepada sekertaris Ikapmii Country Malang -  Novi
Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Ikatan Alumni PMII (Ikapmii) Country, Latif Fianto bahwa momen harlah atau ulang tahun menjadi momen introspeksi diri, dengan cara merefleksikan kembali pencapaian-pencapaian selama 14 tahun. 

"Momen ulang tahun itu memang patut dimaknai sebagai bahan ntrospeksi diri. Jadi, sebagai anggota ataupun kader haruslah mencoba untuk merefleksikan kembali bagaimana PMII Country baik dari dalam dirinya  yakni diri PMII sendiri ataupun dari luar dirinya yakni di kaca mata masyarakat" ungkapnya.

"Saya pikir, kita perlu menoleh kebelakang atau flash back ke masa lalu. Karena melihat ke belakang bukan berarti susah move on dan sejenisnya tetapi menjadikan masa lalu sebagai pelajaran di masa mendatang, baik dalam merumuskan kebijakan, strategi perkaderan dan sebagainya" tambahnya.

Terakhir Ia menambah bahwa ada dua harapan besar PMII Country di usia ke-14 tahun ini. Pertama secara kelembagaan, PMII Country haruslah memiliki gerakan yang masif dan  progresif dalam artian tidak hanya sebatas nampang nama saja tetapi juga memiliki pengaruh positif bagi dimasyarakat. Kedua secara keanggotaan, diharapkan keberadaan PMII bisa menjadi pecut bagi anggota untuk meningkatkan kembali kualitas belajar dan intensitas berproses nya.

"Keberadaan PMII Country ini haruslah dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh kader sehingga mampu menjadi generasi yang cerdas, cerdas secara spiritual, intelektual dan emosional," tutupnya. (ovi)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »