Kampanye Baca Buku, Mahasiswa Unitri Diajak Untuk Membaca

Mahasiswa sedang membaca buku di kantin kampus (Istimewa)

Lpm-Papyrus.com - Kepala Program Studi (KPS) Ilmu Komunikasi, Fathul Qorib, berserta beberapa mahasiswa Universitas Thribhuwana Tunggadewi (Unitri) melakukan kampanye baca buku, dengan berkumpul bersama di kantin kampus dan membaca masing-masing buku yang dibawa. Kampanye ini dilakukan dengan tujuan menarik perhatian mahasiswa akan buku. Sebuah pemandangan yang langka, yang sudah lama ditinggalkan mahasiwa, Kamis (20/12).

Fazar Sandria, Mahasiswa Ilmu Komunikasi, mengatakan bahwa kampanye baca buku ini dilakukan dengan tujuan untuk membudidayakan kebiasaan membaca yang sudah jarang dilakukan mahasiswa.

"Kata orang, baca buku adalah jendela dunia dan kita harus  mengenal jendela dunia itu, apalagi dengan melihat realita saat ini, bahwa mahasiswa lebih suka media sosial ketimbang membaca buku," ujarnya kepada papyrus.

Fathul Qorib juga menjelaskan bahwa saat ini mahasiswa malu membaca buku ditempat umum, karena akan dianggap sombong ataupun sok pintar. Anggapan ini yang harus di lawan dengan kampanye baca buku, dengan tujuan untuk kembali mengenalkan bahwa anggapan tersebut salah.

"Kita hanya berharap dengan kampanye ini, mahasiswa tidak malu lagi untuk membaca buku didepan publik, sehinggga mahasiswa Unitri akan benar-benar terlihat seperti mahasiswa," ujarnya.

Fazar juga mejelaskan bahwa pengagas ide ini adalah KPS Ilmu Komunikasi dan juga  Yuni Lasari, pendiri akun MHS Unitri. Ide ini diterima baik oleh beberapa mahasiswa Ilmu Komunikasi. Selain itu juga sebelum kampenye membaca buku ini ada, pernah digalakan juga gerakan ayo baca buku di Unitri.

"Awalnya pernah juga dilakukan reading challenges, tujuaannya adalah selalu mengajak mahasiswa untuk membaca buku," ujarnya.

Diakhir wawancara ,salah  satu Mahasiswi Jurnalistik, Lian, berharap dengan kampanye baca buku ini, mahasiswa Unitri akan sadar akan pentingnya membaca buku dan juga membuka jalan bagi mahasiswa agar mengenal buku lagi. (linda)

No comments