Tingkatkan Kreatifitas di Era Industri, Himatekim Gelar Kuliah Umum

Pemateri kuliah, Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Malang, Moh. Sidik, 

Lpm-Papyrus.com - Dunia industri yang telah mengalami perubahan besar saat ini, rupanya mengharuskan mahasiswa mengambil kesempatan dengan meningkatkan kemampuan dan kreatifitas dibidang digital. Menjawabi hal tersebut, himpunan mahasiswa teknik kimia (Himatekim), Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang mengelar kuliah umum dengan tema "Pelatihan dunia kerja generasi mileneal menghadapi era Industri 4.0" di gedung olahraga (GOR) Unitri Malang, Sabtu (11/05).

Pemateri kuliah, Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Malang, Moh. Sidik mengatakan perubahan revolusi terlihat dengan adanya revolusi industri keempat atau yang dikenal dengan Industri 4.0. Hal tersebut ditandainya dengan berkembangnya dunia teknologi digital yang diintegrasikan ke dalam proses produksi industri. Untuk itu, mahasiswa harus mengambil kesempatan dengan meningkatkan kemampuan dan kreatifitas terutama dibidang digital.

"Perkembangan yang pesat akan menuntut kita semua untuk mampu bersaing, oleh karena itu saya mengajak mahasiswa untuk ikut berperan aktif dalam hal peningkatan kemampuan dan kreatifitas terutama dibidang digital, " jelasnya.

Peningkatan kreatifitas, lanjut Sidik harus ditunjukan oleh mahasiswa dengan kompetensi yang baik sehingga saat lulus dari bangku kuliah bisa bersaing dengan baik dalam dunia kerja.

"Kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa setelah lulus untuk menghadapi era industri 4.0 yaitu tahu akan dasar pengetahuan soal dunia kerja sehingga dapat bersaing dengan baik," lanjutnya.

Selain itu, Sidik juga mengajak mahasiswa untuk memanfaatkan materi kuliah umum tersebut sebagai salah satu langkah mengembangkan sumber daya manusia sehingga mampu bersaing di dunia industri keempat tersebut.

"Saya berharap kepada kalian seluruh mahasiswa untuk memaksimalkan acara seperti ini, karena dengan demikian kalian bisa tahu gambaran untuk kedepannya seperti apa, Jika kesempatan seperti ini bisa kalian manfaatkan dengan sebaik mungkin maka saya yakin kalian bisa bersaing untuk mendapatkan peluang di luar sana, " ujarnya.

Hal senada kita disampaikan, Ketua umum Himatekim, Andy Iswantoro bahwa acara tersebut adalah bentuk sosialisasi mereka kepada teman-teman mahasiswa agar tahu dan paham bagaimana dunia kerja, dan bagaimana bersaing dengan baik ketika sudah terjun ke dunia kerja.

"Jadi kita pengen sosialisasikan kepada seluruh mahasiswa tentunya dan juga mahasiswa yang mau lulus apa sih yang harus di persiapkan pertama kali ketika menghadapi dunia kerja, gimana sih ngelamar yang baik, gimana sih nanti mempersiapkan ketika tes TPA, tes psikologi dll, itu seperti apa sih, nah itu bisa di lihat di acara pada hari ini," Pungkas Andy. (Raj)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »