Header Ads

ad

Fakultas Teknik Unitri Jalin Kerjasama Dengan Beberapa Kampus Luar Negeri

Fakultas Teknik Unitri Jalin Kerjasama Dengan Beberapa Kampus Luar Negeri
Foto bersama dosen dan pemateri seusai seminar
Lpm-papyrus.com - Fakultas Teknik Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang menjalin kerja sama dengan Universitas Tun Husein Onn Malaysia (UTHM) dan Universitas Teknologi Mara (UTM) untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian hingga studi lanjut.

Hal itu terungkap dalam Seminar Internasional di Unitri (3/7) dengan menghadirkan pembicara dari Universitas Tun Husein Onn Malaysia (UTHM) dan Universitas Teknologi Mara (UTM), yaitu Prof. Dr. Mohd Idrus Bin Mohd Masirin (UTHM), Prof. Madya Ts. Dr. Mohd Haziman Bin Wan Ibrahim (UTHM), Prof. Madya Dr. Mohd Fadzil Bin Arshad (UTM), dan Dr. Nawir Rasidi (Unitri).

Pembicara sekaligus Dekan Fakultas Teknik, Dr. Nawir Rasidi mengatakan bahwa seminar yang bertemakan “Guest Lecture Sustanaible Infrastructure Development Faculty Of Engineering” tersebut bertujuan untuk membangun relasi dengan UHTM dan UTM.

"Tujuannya ya membangun relasi dengan UHTM dan UTM seperti membantu publikasi hasil penelitian di Unitri, kerjasama penelitian, dan juga membantu studi dosen dan mahasiswa yang ingin lanjut ke S2 dan S3 supaya meningkatkan ranking kampus kita di tingkat nasional dan internasional" ujarnya.

Nawir Rasidi juga menambahkan pengembangan infrastruktur yang dibahas pada saat seminar mengarah pada ramah lingkungan seperti green technology, green building, dan menggunakan bahan-bahan yang bisa didaur ulang.

"Infrastruktur yang sekarang lebih ke arah green technology dan green building. Jadi menggunakan bahan-bahan recycle seperti limbah plastik dan limbah sampah organik yang bisa dipakai sebagai bahan material untuk bagunan, baik untuk material jalan raya maupun gedung," tambahnya.

Seminar tersebut juga dihadiri oleh peserta dari Universitas Negeri Surabaya, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Universitas Narotama Surabaya, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang dan Politeknik Negeri Malang.

Salah satu peserta dari Unitri, Ronaldo Jack Rodolof mengatakan bahwa materi dalam seminar tersebut lebih ditekankan kepada para dosen, mahasiswa teknik Unitri yang hadir hanya delegasi dari dosen untuk mengetahui bahwa dosen dari Fakultas Teknik punya relasi dengan kampus di luar negeri.

"Menurut saya sih bagus, tapi seminar tadi lebih ditekankan pada dosen, kami yang hadir hanya delegasi dari dosen untuk mengetahui bahwa dosen kami punya relasi dengan kampus di luar negeri. Tadi juga ada kendala sedikit waktu mau bertanya, karena materinya lebih diberikan kepada dosen-dosen," ungkapnya.

Ronaldo juga berharap agar Fakultas Teknik Unitri kedepannya lebih baik dari segi pembangunan, sistem, dan relasi dengan kampus di luar negeri.

"Untuk harapannya pasti pembangunan, sistem, dan relasinya bisa lebih baik lagi. Dan kalau bisa adakan sponsor untuk memperbagus laboratorium Fakultas Teknik yang ada sekarang," pungkasnya. (ben)

No comments