Bangkitkan Jiwa-Jiwa Munir Lewat Diskusi

lpm-papyrus.com
Suasana berlangsungnya diskusi



Lpm-papyrus.com- Diskusi dengan tema 'Refleksi Gerakan Pemuda Terhadap Isu Penegakan HAM' diselenggarakan di Omah Munir dan dihadiri sejumlah aktivis mahasiswa pada Sabtu (7/9).

Setelah sempat vakum untuk beberapa waktu dan bertepatan dengan wafatnya Munir, IMAKOBA (Ikatan Mahasiswa Kota Batu) hadir kembali menjadi wadah aspirasi masyarakat Kota Batu.

Ketua pelaksana, Zainal Abidin mengaku bahwa kegiatan ini akan dilangsungkan secara konsisten dengan tema yang beragam.

"Untuk kegiatan selanjutnya akan tetap diadakan, tetapi tidak melulu membahas penegakan HAM. Ada banyak tema-tema besar yang bisa diangkat seperti yang sudah disebutkan dipenjelasan tadi, ada eksploitasi rumah-rumah warga di Batu, pembangunan dari investor-investor asing, nanti kita akan angkat tema seperti itu," ujar Zainal.

Pemateri, Ahmad Agus Muin mengatakan bahwa diskusi seperti ini bukan hanya sekedar menjadi momentual, tetapi juga menggerakan pemuda Indonesia untuk menggaungkan Hak Asasi Manusia (HAM). Karena di Indonesia sendiri banyak kebijakan-kebijakan negara yang dibuat dalam Undang-Undang dan tidak pro kepada masyarakat. Oleh karena itu, tema refleksi ini sebagai upaya nostalgia dan memahami kembali perihal yang diperjuangkan Munir dan aktivis HAM lainnya.

Ahmad juga berharap agar pemuda Indonesia dapat menjadi pejuang penggerak penegakan HAM karena mereka memiliki akses pendidikan, dekat dengan birokrasi dan informasi dunia secara yang luas.

"Oleh karenanya, pemuda ini merupakan salah satu perjuangan untuk mengangkat masalah HAM. Karena mereka apa, yang pertama mereka memiliki akses pendidikan, dekat dengan birokrasi kampus dan juga dapat mengakses dunia dengan luas," sambungnya. (widy/nurul)

No comments