Workshop Malang : Hoax Busting and Digital Hygiene

Berlangsungnya pelaksanaan workshop

Lpm-papyrus.com- Workshop yang mengangkat tema 'Hoax Busting And Digital Hygiene'  yang telah digelar di Gedung FTI Universitas Merdeka (Unmer) Malang merupakan workshop yang berkolaborasi dengan Google News Insiative, Internews, dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Sabtu (21/8)

Kegiatan yang kurang lebih dihadiri 80 peserta tersebut adalah sejumlah mahasiswa dari Kota Malang dan beberapa perwakilan dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM).
Fasilitas yang memadai membuat peserta lebih mudah untuk praktik secara langsung cara-cara menjadi fact cheker.

Menanggapi banjir informasi yang sulit untuk dipilah dan dipilih menjadi tujuan utama diadakan workshop tersebut, karena kita ketahui diera serba mudah menyebarkan informasi ini perkembangan informasi hoax  juga semakin meningkat, dengan itu kita sebagai orang terpelajar harus  mampu menghimbau paling tidak teman-teman kita atau orang-orang terdekat kita agar tidak mudah mengkonsumsi berita yang belum tahu kebenarannya.

Pada tahun ini AJI memberi target pelatihan lebih banyak, untuk wartawan sendiri mencetak tiga ribu wartawan, sementara tahun lalu AJI sudah mencetak dua ribu wartawan. Pelatihan untuk wartawan sendiri dan mahasiswa memiliki perbedaan, wartawan memiliki waktu lebih banyak yakni 2 hari, sementara untuk mahasiswa hanya setengah hari.

Pemateri yang berasal dari Bandung dan juga salah satu bagian dari AJI Deni Yudiawan menjelaskan, bahwa semua orang mampu untuk memproduksi informasi.


“Semua orang mampu untuk memproduksi informasi masing-masing, salah satu efeknya dengan banyak penyebaran informasi hoax adalah kita sulit untuk melihat bagaimana informasi tersebut benar atau salah,” ujarnya.

Acara ini juga sering menyelenggarakan road show antar kampus yaitu di Aceh, Papua, Kalimantan, Sumatra utara, Surabaya dan seluruh bagian di Indonesia, dan ditahun ini memiliki kesempatan mampu memberikan materi serentak di 20 kota. (nanda/nurul/ben)

No comments