Arema Media Group Jadi Sasaran Studi Media Himakom

Malang
Penyampaian materi oleh pihak Arema Media Group

Lpm-papyrus.com- Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himakom) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, mengadakan Studi Media (SM) di Arema Media Group, Jalan Tlogomas Gang 6, Senin (25/11).

SM adalah kegiatan awal pengenalan media yang dikhususkan bagi mahasiswa ilmu komunikasi angkatan tahun 2018 sebelum dilaksanakannya Study Excursie (SE) Januari mendatang.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua hari dimulai dari tanggal 25-26 November 2019 dengan sesi pertama di hari Senin berjumlah 43 orang dan di hari Selasa berjumlah 44 orang.

Ketua pelaksana Restituta Daiman Santun mengaku, bahwa memilih Arema Media Grup didasarkan pada tempatnya yang mudah dijangkau oleh mahasiswa dan Arema Media Grup telah mencakup tiga konsentrasi yang ada di Program Studi Ilmu Komunikasi.

"Kami dari panitia sudah memilih beberapa media yang mencakup tiga konsentrasi yang ada di Prodi Ilmu Komunikasi. Setelah kami survei kami melihat Arema Media Grup ini tempatnya tidak jauh dari kampus, selain itu arema media grup ini juga sudah mencakup dari tiga konsentrasi itu sendiri," ungkapnya.

Arema Media Grup yang didirikan oleh Imawan Mashuri tersebut telah melakukan konvergensi media pertama di Indonesia. Diantaranya mencakup Arema TV, Radio City Guide hingga portal berita cetak dan online.
Dalam era globalisasi kehadiran konvergensi media merupakan hal yang perlu untuk dilakukan agar bisa mengikuti perkembangan dan menjangkau semua khalayak dengan berbagai cara.

Salah satu pemateri Arema Media Grup, Niken Wahyudi menjelaskan bahwa untuk mempertahankan minat pendengar, segmentasi dan ciri khas program harus dibuat berbeda.

"Misalnya Radio City Guide segmentasinya umur 20-50 tahun dan fokus membahas kondisi lalu lintas seperti kemacetan dan lain-lain. Sehingga jika orang ingin mencari tahu kondisi di jalanan pasti rujukannya ke kita, jadi ini yang buat kita berbeda dengan media lainnya," akunya.

Acara SM tersebut berlangsung dari pukul 08.30 hingga pukul 11.00 WIB. Selain mendapatkan materi tentang konvergesi media, peserta SM juga diajak Room tour untuk mengenal fasilitas media yang ada di Arema Media Group.

Salah satu peserta Maria Magdalena Bere mengaku sangat terkesan dengan adanya SM tersebut. Selain menambah wawasan, baginya SM juga merupakan persiapan yang baik untuk SE.

"Saya sangat terkesan dengan kegiatan ini karena kami mendapatkan wawasan yang mumpuni tentang media. Apa lagi kegiatan ini sangat baik untuk persiapan SE," tuturnya. (buah/akar)

No comments