Auditing, Tantangan Akuntan Pada Revolusi 4.0

Malang, Dok. Lpm papyrus.com
Perkuliahan umum sedang berlangsung- Ist
Lpm-papyrus.com- Pada abad 21 ini dunia industri di Indonesia telah mengalami beberapa revolusi, salah satunya yang akan terjadi adalah revolusi industri 4.0. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kehadiran Revolusi Industri 4.0 tersebut mengharuskan perubahaan pada penyesuaian pekerjaan pada manusia, mesin, teknologi dan proses di berbagai bidang profesi, termasuk profesi akuntan.

Sebagai seorang akuntan dan auditor haruslah mengerti akan adanya revolusi tersebut. Tantangan dan peluang dalam menghadapi dunia kerja baiknya diberi wawasan sejak dini agar akuntan lebih mampu melihat ke masa depan. Hal tersebut dikarenakan era 4.0 tidak bisa dihindari tetapi harus dihadapi dan menjadi ajang untuk eksplorasi diri.

Berangkat dari hal tersebut Himpunan Mahasiswa Akuntasi (Himaka) Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang menggelar kuliah umum di Gedung Olahraga (GOR), pada Rabu (27/11).

Kuliah umum tersebut merupakan salah satu agenda dari seluruh kegiatan dalam rangka menyongsong diesnatalis Himaka. Sub tema yang diambil adalah "Tantangan Auditor di revolusi 4.0".

Pengetahuan akuntan akan dunia auditing tidak hanya soal keuangan saja tetapi harus secara umum. Sehingga pemateri yang diundang dalam kuliah umum tersebut adalah Direktur PT. POM Digital yang sudah berkompeten di bidangnya dan mampu menjawab semua persoalan auditing di masa mendatang.

Ketua pelaksana, Thomas Adiqlana mengaku bahwa pentingnya membicarakan revolusi 4.0 dalam kaitannya dengan auditing adalah agar mahasiswa akuntasi bisa melihat kejahatan, peluang hingga hal-hal tidak terduga di dunia kerja.

"Jadi emang bicara soal revoluso 4.0 kita harus diberi bekal yang cukup untuk mengetahui kejahatan atau ancaman auditing, bagaimana melihat peluang bagi akuntan dan lebih siap menghadapi dunia kerja sehingga bisa bersaing," aku mahasiswa semester 3 tersebut.

Kuliah umum yang dihadiri 640-an orang tersebut diakui salah satu peserta, Viany Dede mampu membuatnya lebih banyak mendapat pengetahuan baru  tentang auditing.

"Temanya menarik. Materi yang ditawarkan sangat bermanfaat di generasi 4.0. Selain itu karena ini hajat besar Himaka, selain mendapat  ilmu baru kegiatan seperti ini mampu merangkul anggota. Semoga kegiatan serupa bisa terus berlanjut," tuturnya. (goce)

No comments