TRI FM Adakan TKD Selama Dua Bulan

Malang
Yuni Lasari sedang membawakan materi - Ist
Lpm-papyrus.com- Tribhuwana FM (Tri FM) mengadakan kegiatan Training Kepenyiaran Dasar (TKD) yang bertempat di Studio Tri Fm Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, Senin (02/11).

Salah satu pemateri Yuni Lasari mengatakan, TKD menjadi program wajib bagi anggota baru yang harus diikuti selama dua bulan. Hal-hal yang dipelajari selama TKD tersebut  mulai dari kepenyiaran dasar atau announcer skill, jurnalism skill, sampai opareting skill.

"TKD adalah program wajib bagi anggota baru Tri FM setelah kemaren mereka diseleksi dari  40 orang menjadi 22 anggota. Jadi TRI FM sekarang  sudah masuk  angkatan ke-14. Angkatan ke-14 ini harus ada training kepenyiaran selama dua bulan baru kemudian mereka dilepas untuk siaran sendiri,"  ujarnya.

TKD sendiri sudah dilakukan dari setiap angkatan ke angkatan yang lain. Cara tersebut dilakukan agar setiap anggota TRI FM mempunya dasar yang kuat dalam dunia kepenyiaran.

Pembahasan pada minggu kedua TKD tersebut yaitu announcer skill. Announcer skill adalah materi persiapan sampai pasca siaran.

"Materi hari ini adalah Announcer skill, announcer skill itu materi prepare sampai pasca siaran. Jadi apa-apa saja yang harus disiapkan mulai dari belajar bikin script, program sama radio script writing" jelasnya.
  
Wanita yang akrab disapa Yuni tersebut berharap setelah TKD angkatan TRI FM 14 mempunyai gambaran terkait wawasan kepenyiaran. Karena baginya menjadi seorang penyiar bukan hanya sekedar berbicara tetapi mampu menghidupkan suasana serta berbicara dengan dasar-dasar yang jelas.

Salah satu peserta Zainuddin mengaku, pelajaran yang bisa diambil dari materi TKD yaitu bagaimana cara public speaking yang baik, tata cara penempatan waktu ketika siaran seperti  penempatan musik, iklan, jingle dan lain-lain.

"Selama acara TKD yang bisa saya petik adalah soal public speaking, penempatan waktu, kayak kapan sih ada musik, kapan skill itu dipakek, kapan opening dipakek, jingle atau bumper," akunya.

Bagi Zainudin bisa cara public speaking dengan baik harus ditonjolkan. Karena sebagai mahasiswa kemampuan berbicara sangat dibutuhkan di zaman sekarang.

"Harapan kedepannya semoga semangat terus dan public speaking lebih maju. Karena kita sebagai mahasiswa public speakingnya harus ditonjolkan," ungkap Zainuddin. (yotam/all/tini)

No comments