Hadapi Covid-19, ini Kata Dosen Unitri Soal Kuliah Online

Dosen Ilmu Komunikasi Unitri, Sulih Indra Dewi

Papyrus –  Dosen-dosen di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang menerapkan sistem perkuliahan online sebagai bentuk tanggap terhadap penyebaran wabah virus Corona (Covid-19).

Salah satu dosen Ilmu Komunikasi Unitri, Sulih Indra Dewi  membenarkan perkuliahan  online sebagai intruksi dari Rektor Universitas Tribhuwana Tunggadewi saat ditemui Papyrus,  Rabu, (18/3).

“Berdasarkan intruksi dari universitas maka kampus melakukan lock down. Tetapi sebenarnya buat dosen tidak  terlalu menjadi kendala karena perkuliahannya tetap berjalan, bentuknya saja yang berubah. Artinya kami dosen tetap harus melakukan aktivitas mengajar sesuai jadwal tapi dalam bentuk daring,” ujarnya.

Senada dengan dosen ilmu komunikasi, Dosen Fakultas Ekonomi Warter Agustim mengungkapkan beberapa kendala terkait perkuliahan online.

“Kendala online itu begini, mungkin kita belum terbiasa dari sistem tatap muka ke sistem daring. Setiap mata kuliah mempunyai tuntutan ilmu masing-masing. Kadang seperti yang mengharuskan praktek bukan sekedar teori. Sehingga susah bagi dosen maupun mahasiswa. Karena tujuan dari tiap-tiap mata kuliah  itukan berbeda,” ungkapnya.

Lebih jauh, hal yang sama pula diungkap oleh Dosen Biologi Yuswa Istimomayanti yang menggunakan google class room dalam proses belajar mengajar. Beliau mengungkapkan sebenarnya sudah menggunakan perkuliahan online  sejak tahun 2019.

“Saya secara pribadi sudah mengajarkan mahasiswa untuk kuliah offline dan online sebelum ada kegiatan darurat seperti saat ini. Sehingga harapannya mahasiswa tidak terlalu asing dengan sistem pembelajaran online,” simpulnya saat dihubungi papyrus via WA. (Sabin/Kristi)

No comments