Pertegas Peran Mahasiswa dalam Berorganisasi, BEM Unitri adakan AMT

Peserta seminar AMT memenuhi GOR Unitri


Papyrus-Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, menggelar Achievement Motivation Training (AMT)  pada Sabtu, (14/03/2020).

Acara yang digelar Di GOR Unitri tersebut mengangkat tema "Strategi dan Inovasi Generasi Muda Melalui Optimalisasi Organisasi Menyongsong Indonesia Emas 2045".

Tema tersebut mempertegas peningkatan motivasi mahasiswa dalam bidang organisasi dan training. Terlebih sebagai generasi masa depan bangsa, AMT merupakan salah satu bekal mahasiswa untuk bisa mengimplementasikan kehidupan organisasi ke dalam kehidupan bermasyarakat.

Hal itu juga diakui oleh presiden Mahasiswa, Didikardianus Gandur.

"Saya berharap kegiatan AMT yang diadakan setiap tahun oleh BEM bisa bermanfaat bagi mahasiswa Unitri. Terutama dalam peningkatan pemahaman tentang keorganisasian dan motivasi generasi muda dalam melihat Indonesia ke depan," ungkapnya.

Sementara salah satu pemateri, Abd. Rohman berpendapat bahwa  organisasi menjadi wadah alternatif mahasiswa untuk mengembangkan potensi. Pasalnya, mahasiswa nantinya ketika bergabung di sebuah organisasi minimal akan belajar tentang manajemen dan kepemimpinan.  Sehingga mahasiswa  akan mudah untuk mengatur kehidupan pribadi maupun kehidupan masyarakat seperti perencanaan, aktualisasi hingga controlling.

"Berorganisasi juga akan memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk berfikir inovatif sehingga output dari itu semua mereka akan bisa memetiknya dengan hasil yang maksimal ketika ke luar dari perguruan tinggi," kata dosen Fakultas Ilmu Sosial dan politik tersebut.

Lebih lanjut, pemateri Deny Wahyu Apriadi mengajak mahasiswa untuk peka memanfaatkan teknologi guna memberikan sebuah terobosan baru untuk masyarakat sekitar.

Deny juga menyoroti peran generasi muda dalam menganalisis peluang yang ada di sekitar sehingga mereka memiliki nilai dalam hal pendidikan, kesadaran teknologi dan nasionalisme. Mahasiswa harus kritis dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi dikaitkan dengan disiplin ilmu masing-masing.

"Jangan pernah mau menjadi orang biasa, jika kesempatan menjadi orang luar biasa ada di depan anda. Lakukanlah sesuatu sehingga anda bisa menjadi seseorang yang berbeda dengan yang lain," tegasnya.

Ketua pelaksana, Alfon Mone menegaskan output yang bisa dijamin dari kegiatan AMT adalah hal mendasar dari diri seorang mahasiswa.

"Bagaimana mahasiswa kuliah tepat waktu, mendapatkan beasiswa di intra kampus dan ekstra kampus dan bagaimana mahasiswa mengembangkan softskill yg mereka miliki. Karena kampus adalah rutinitas dan organisasi loyalitas," terangnya. (Tini)

No comments