LPM papyrus Laksanakan Kuliah Tamu secara Online

Rangkaian acara kuliah tamu online

Papyrus - Dengan berlakunya sistem perkuliahan online, Lembaga pers Mahasiswa mengadakan kuliah tamu online dengan manghadirkan pemateri-pemateri yang handal dibidangnya pada Kamis,(16/04).

Penyiar Radio MFM Susan Sareng selaku pemateri pertama menjelaskan tentang Radio Announcing Skill. Menurut Susan seorang penyiar merupakan orang yang memberikan informasi (Announcing) serta mampu mengobrol bukan hanya sekedar 'ngomong'. Dikarenakan fungsinya agar memikat para pendengar dan juga harus mampu saat melakukan istilah dalam bahasa Inggris.

Susan juga memberikan beberapa langkah yang harus selalu diingat sebelum memulai siaran.

"Sebelum memulai siaran, ingat kita harus menggunakan suara diafragma, kemudian jangan lupa selalu Keep The Smilling Face (Pertahankan wajah yang tersenyum), lalu jangan lupa juga  Confidence is the key (Keyakinan adalah kuncinya), dan yang terakhir ialah Deep Breath (Napas dalam)" tuturnya.

Presenter JTV Fridha Umari, selaku pemateri kedua juga menjelaskan  tentang bagaimana menjadi presenter. Presenter adalah orang yang bertanggung jawab dalam memandu program siaran. Seorang presenter berita (News-Presenter) bertugas menyampaikan berita dan tidak terlibat dalam proses liputan. Serta presenter juga penentu sebuah berita.

"Tugas seorang presenter yaitu menyajikan atau menghadirkan (To Present) sebuah acara (Program siaran). Karakteristik presenter berita juga yaitu yang pertama Continuity Presenter (Pengantar acara dari salah satu program ke program lain), yang kedua Host yaitu orang yang memegang suatu acara tertentu. Keberadaan host biasanya identik dengan acara yang dibawakannya. Dan kemudian karakteristik yang ketiga News Anchor atau Pembawa berita," ucapnya.

Pemateri ketiga, Soleh Andika yang juga sudah memiliki pengalaman di dunia penyiaran, di Radio City Guide FM menjelaskan mengenai cara baru menulis berita radio dan bagaimana tulisan yang benar dan tulisan yang salah.

"Sebelum menulis berita radio harus diingat untuk hindari memakai istilah asing, kemudian jangan lupa gunakan prespektif hari ini, dan juga gunakan kalimat yang singkat, padat dan tentunya jelas. Hindari mengunakan singkatan, gunakanlah bahasa yang sering digunakan sehari-hari," tuturnya.

Acara kuliah tamu online tersebut dilakukan berturut-turut tiga hari mulai pada Selasa, (14/4-16/4). (Afika/Ocyn/Hari)

No comments