Pembangunan Gedung Kampus 2 Unitri Ditunda Karena Covid-19



Pintu masuk gedung C masih dalam keadaan darurat
Papyrus - Pengawas perencanaan pembangunan, Andy Kristafi Arifianto, ST. MM, saat ditemui papyrus pada Rabu, (08/4) mengaku Perencanaan  pembangunan gedung kampus 2 Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, seharusnya akan dilaksanakan tahun ini di Jalan Tirto Rahayu. Namun hal tersebut harus ditunda karena situasi pandemi covid-19.

"Tahun ini sebetulnya, kita akan melaksanakan pembangunan kampus Unitri 2  yang ada di belakang Laboratorium terpadu. Tapi berhubung  kondisi di masa pandemi covid-19 ini tidak memungkinkan, maka semuanya kita  pending dulu sambil  menunggu kondisi kembali normal untuk dilanjutkan," ungkapnya.

Perencanaan tersebut lanjut Andy, nanti dibuat minimal 5 lantai, khususnya untuk ruangan kelas dan Laboratorium. Dengan teknis pengaturan, semester 1 sampai semester  6  perkuliahannya diadakan di kampus dua. Sedangkan untuk semester 6 ke atas, di kampus 1.

Pembangunan gedung baru Unitri memiliki dua tahap. Pertama, berasal dari bantuan  Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang diwujudkan di Gedung Graha lantai 2 dan Gedung Kemahasiswaan.

Lalu, secara mandiri dari Pihak Yayasan Bina Patrian Nusantara secara Swakelola yang diwujudkan di Gedung A dan Pembangunan didepan Masjid Marto Utomo Unitri.

Dia juga menambahkan kebutuhan  pembangunan kantor pelayanan terpadu di depan masjid fungsinya sudah berubah dengan pembangunan Gedung Pascasarjana, Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Politik beserta Laboratoriumnya.

"Jadi peruntukannya sudah berubah soalnya kita selalu mengikuti kebutuhan, jadi kondisional. Karena kita kekurangan ruangan untuk kantor dan lab, itu yang kita penuhi terlebih dahulu," katanya.

Andy juga menyampaikan perencanaan pembuatan lift sebelumnya, harus dialihkan kepada kebutuhan lain.

"Kemarin saya membuat perencanaan dibuat lift untuk kapasitas 6 sampai 8 orang tetapi untuk sementara dana pembangunan lift itu masih kita alihkan untuk perluasan karena mahasiswa setiap semester bertambah. Akan tetapi untuk di kampus dua itu pasti tetap akan ada liftnya," tegasnya. (Epak)

No comments