Pemimpin Negara-Negara ASEAN mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi Terkait Covid-19

Jokowi mengikuti rapat online bersama pemimpin negara ASEAN (Gambar: Instagram resmi Jokowi) 

Papyrus - KTT ASEAN berlangsung secara virtual pada senin (14/4) siang. Jokowi bersama seluruh pemimpin negara-negara ASEAN kembali mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi dengan pemimpin negara Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan. KTT ASEAN Plus Three (APT) ini membahas tentang tantangan pandemi Covid-19 dan pelemahan ekonomi.

Mitra ASEAN yang hadir pada KTT virtual ini adalah Premier Tiongkok Li Keqiang, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Jokowi menjelaskan bahwa penguat kerja sama negara APT sangat penting untuk menciptakan resiliensi menangani pandemi Covid-19. Dikarenakan juga Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan termasuk negara yang pertama kali menghadapi Covid-19.

"Mengingat Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan termasuk yang pertama menghadapi Covid-19, pengalaman mereka menangani wabah ini perlu dibagi dengan negara-negara ASEAN," ungkapnya.

Jokowi juga menambahkan terkait pelemahan ekonomi yang terjadi akibat masalah pandemi Covid-19.

"Pada kesempatan konferensi juga, saya mendorong agar APT menguatkan kerja sama agar arus pergerakan barang tetap berjalan. Negara-negara ASEAN Plus Three harus menjamin kawasan kita tetap menjadi mesin pertumbuhan ekonomi global, sekaligus jangkar ketahanan dikawasan," aku Jokowi seperti dilansir dari akun resmi Instagramnya. (Anisa)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.