Pemimpin Negara-Negara ASEAN mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi Terkait Covid-19

Jokowi mengikuti rapat online bersama pemimpin negara ASEAN (Gambar: Instagram resmi Jokowi) 

Papyrus - KTT ASEAN berlangsung secara virtual pada senin (14/4) siang. Jokowi bersama seluruh pemimpin negara-negara ASEAN kembali mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi dengan pemimpin negara Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan. KTT ASEAN Plus Three (APT) ini membahas tentang tantangan pandemi Covid-19 dan pelemahan ekonomi.

Mitra ASEAN yang hadir pada KTT virtual ini adalah Premier Tiongkok Li Keqiang, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Jokowi menjelaskan bahwa penguat kerja sama negara APT sangat penting untuk menciptakan resiliensi menangani pandemi Covid-19. Dikarenakan juga Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan termasuk negara yang pertama kali menghadapi Covid-19.

"Mengingat Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan termasuk yang pertama menghadapi Covid-19, pengalaman mereka menangani wabah ini perlu dibagi dengan negara-negara ASEAN," ungkapnya.

Jokowi juga menambahkan terkait pelemahan ekonomi yang terjadi akibat masalah pandemi Covid-19.

"Pada kesempatan konferensi juga, saya mendorong agar APT menguatkan kerja sama agar arus pergerakan barang tetap berjalan. Negara-negara ASEAN Plus Three harus menjamin kawasan kita tetap menjadi mesin pertumbuhan ekonomi global, sekaligus jangkar ketahanan dikawasan," aku Jokowi seperti dilansir dari akun resmi Instagramnya. (Anisa)

No comments