Prodi Arsitektur Lanskap Unitri Berhasil Raih Akreditasi B

Sertifikat Akreditasi Prodi Arsitektur Lanskap

Papyrus - Fakultas Pertanian Program Studi Arsitektur Lanskap (AL) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang meraih akreditasi B berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 2135/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IV/2020.

Kepala Program Studi Arsitektur Lanskap, Rizki Alfian, S.Sarl., M.Si sangat berbangga dengan pencapaian akreditasi tersebut, mengingat bahwa program studi AL di Indonesia masih sangat jarang.

"Tentunya kami mengucap syukur dan berbangga dengan hasil akreditasi ini. 
Mengingat program studi kami relatif  baru, bahkan program studi ini di Indonesia masih sangat jarang. Dengan tingkat akreditasi B saya pikir, ini sudah luar biasa," jelas Kepala Program Studi via Whatsapp kepada papyrus pada Selasa, (7/4).

Rizki Alfian, S.Sarl., M.Si menambahkan bahwa selama penilaian akreditasi berlangsung tidak terlepas dari beberapa kendala teknis maupun non teknis.

"Kekurangan SDM tentunya menjadi salah satu kendala dalam prodi kami. Ada beberapa hal yang sifatnya teknis, beberapa data yang mungkin kurang lengkap sehingga kita mencoba mengintevarisir segala bentuk data, dokumen dan apapun itu untuk kelengkapan dokumen akreditasi program studi," terangnya. 

Hal tersebut membuat prodi AL melakukan revisi, ditambah adanya perubahan kebijakan dari pemerintah. 

"Setelah beberapa data diupload, banyak sekali hal-hal yang membuat kita cemas. Tentunya perubahan-perubahan kebijakan dari pemerintah pusat karena ada reshuffle Kabinet dan juga perubahan kebijakan sehingga sempat kita melakukan sebuah revisi terkait dengan tahun semester yang dikirim ke BAN-PT," lanjutnya.

Rizki Alfian, S.Sarl., M.Si juga menjelaskan bahwa setelah terakreditasinya program studi Arsitektur Lanskap, hal terpenting yang menjadi PR buat prodi yakni terkait pembenahan kurikulum.

"Tentunya kurikulum ini akan kita susun berdasarkan peraturan-peraturan akademik dan juga kebijakan-kebijakan pemerintah yang terbaru terkait adanya misi dari pada kampus merdeka dan merdeka belajar. Itu semua sumbernya yakni dari sebuah kurikulum. Maka harapan saya selaku ketua program studi yang paling awal kita benahi yakni sistem kurikulum lalu kedua terkait dengan pengelolaan program studi yang berbasis id dan yang ketiga peningkatan minat dan bakat mahasiswa," tambahnya.

Salah satu mahasiswa AL, Orinimus Bere, berharap agar  program studi Arsitektur Lanskap bisa berkembang lebih baik.

"Semoga dengan terakreditasinya prodi Arsitektur Lanskap dapat menjadikan prodi ini lebih baik. Mulai dari segi fasilitas, seperti komputer, alat-alat proket desain dan lab tanamannya bisa lengkap. Juga semoga tenaga pengajar  lebih baik lagi, sehingga memadai akreditasi prodi  bisa naik menjadi A," Akunya. (Anisa)

No comments