Pemerintah Pastikan Program Pemberian Bantuan Sampai Kepada Masyarakat


Presiden pastikan bantuan sampai kepada masyarakat
Papyrus - Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah Menteri Sosial, para Gubernur, Bupati, Wali Kota, Camat, hingga kepala Desa turun memastikan seluruh program sampai di tangan keluarga penerima pada pekan ini.

Adapun bantuan yang disalurkan diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH), sembako, bansos, BLT, hingga Dana Desa.

Program pemberian bantuan sosial ini diberikan kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat oleh pemerintah.

Tidak hanya itu, Bantuan Lansung Tunai (BLT) juga berjalan. BLT didasarkan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Adapun ketentuan mengenai mekanisme pendataan, penetapan data penerima manfaat, dan pelaksanaan pemberian BLT Desa dilakukan sesuai ketentuan Menteri Desa PDTT.

BLT dianggarkan dalam APB Desa maksimal sebesar 35 persen dari dana desa atau lebih dengan persetujuan pemerintah Kabupaten/Kotamadya.

Penyaluran dana desa juga dipermudah melalui penyederhanaan dokumen dan penyaluran yang diupayakan agar lebih cepat.

BLT dana desa merupakan program prioritas yang harus dianggarkan oleh pemerintah desa. Jika pemerintah desa tidak menganggarkan BLT dana desa, pemerintah desa akan dikenakan sanksi mulai dari pemotongan sebesar 50 persen untuk penyaluran dana Desa tahap berikutnya hingga penghentian penyaluran dana desa tahap III.

Jokowi mengatakan lewat akun twitter 
resminya @jokowi senin kemaren, semua program jaring pengaman sosial, PKH, sembako, bansos, BLT, hingga Dana Desa, telah berjalan. (04/20)

"Iya. Semua program telah berjalan, seperti PKH, sembako, dan lainnya," ungkap jokowi.

Jokowi juga meminta agar semua aparat pemerintah dari Mentri Sosial hingga kepala desa mengawasi seluruh program sampai kepada tangan penerima.

"Saya minta Menteri Sosial, para gubernur, bupati, wali kota, camat, hingga kepala desa turun dan memastikan seluruh program sampai di tangan keluarga penerima pada pekan ini," tutupnya. (Hanif)

No comments