Situasi Covid-19 Menuju New Normal, Unitri Keluarkan SE Perkuliahan Secara Daring

SE Perkuliahan Semester Ganjil 2020/2021

Papyrus - Berdasarkan keputusan bersama empat Menteri Nomor 01/KB/2020 tanggal 15 Juni 2020, maka Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang akan melaksanakan proses pendidikan sesuai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Gasal 2020/2021 yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti Kemdikbud. Sabtu, (25/7).

Hal tersebut ditujukan untuk mencegah kampus menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 serta menjaga kesehatan dan keselamatan bagi segenap sivitas.

Unitri telah mengumumkan melalui Surat Edaran (SE) Nomor 472/TB.DL-220/V112020 tanggal 23 Juli 2020 tentang perkuliahan semester ganjil yang akan dilakukan secara daring.

Pembelajaran daring diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa, baik mahasiswa baru maupun lama (Angkatan 2014-2020).
Wakil Rektor 1 Unitri, Dr. Ir. Widowato, MP

Wakil Rektor 1 Unitri, Dr. Ir. Widowati, MP., mengatakan pembelajaran daring (online) menggunakan Google Classroom atau JANITRA yang dikombinasi juga dengan Zoom Meeting dan Google Meeting.  Dosen wajib melaksanakan pengajaran di dalam ruang kelas sesuai jadwal yang telah diatur. Pelaksanaan pembelajaran daring antara dosen yang mengajar dan mahasiswa yang belajar harus dapat dipantau dengan baik.

"Khususnya Janitra, merupakan pembelajaran e-learning yang sedang dibangun Unitri di masa pandemi Covid-19 sebagai hasil kerjasama tim kerja LPTIK dengan LP3.  Janitra dikembangkan dalam rangka memenuhi sistem pelaporan penerapan pembelajaran daring yang diminta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Rencananya akan ada kurang lebih 30 mata kuliah yang menggunakan Janitra," jelasnya.

Widowati menambahkan, untuk menghadapi semester Ganjil 2020/2021, Unitri sedang menyiapkan petunjuk teknis pembelajaran daring yang kelak akan disosialisasi kepada dosen dan mahasiswa.

"Untuk memudahkan mahasiswa belajar, dosen Unitri juga akan membuat bahan ajar daring berupa  modul kuliah. Diharapkan semua dosen dapat menyusun modul disemua mata kuliah. LP3 akan membantu dosen untuk menyusun modul kuliah melalui kegiatan pelatihan modul," ungkapnya.

Widowati menghimbau kepada seluruh mahasiswa agar bisa mengikuti perkuliahan secara daring dengan baik dan lebih serius belajar ditengah tantangan yang ada.

"Bagi seluruh mahasiswa, ikuti aturan yang ada baik dari dosen maupun pemerintah. Karena sebagai generasi muda, maka giatlah dan bertekunlah dalam belajar karena hidup itu harus berjuang guna mencapai masa depan yang gemilang," imbuhnya.

Widowati juga berpesan terkhusus kepada mahasiswa baru agar tetap semangat mengahadapi perkuliahan secara daring.

"Bagi mahasiswa baru milikilah daya juang yang tinggi menghadapi perubahan bentuk kuliah secara daring, bukan lagi luring (tatap muka). Beranilah bertanya, carilah informasi, dan kejarlah ketertinggalan dengan terus belajar untuk meraih harapan yang pasti bisa dicapai. Mari kita hadapi tantangan pembelajaran daring bersama-sama, selamat berjuang dan sukses untuk semester Ganjil 2020/2021," tutupnya. (Hanif/Yano)

No comments