Webinar Sekolah Pasca Sarjana Unitri Dalam Menyikapi Ketahanan Pangan

Webinar Pasca Sarjana Program Studi Magister Ekonomi Pertanian (MEP)

Papyrus - Sekolah Pasca Sarjana Program Studi Magister Ekonomi Pertanian (MEP) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang menggelar Webinar pada Kamis, (23/07).

Acara tersebut diikuti oleh mahasiswa dari berbagai kampus diantaranya Universitas Merdeka (Unmer) Malang, Politeknik Negeri Pontianak dan masyarakat umum lainnya.

Webinar ini mengangkat tema "Strategi Penanganan Kebutuhan Pangan di Era New Normal".

Dekan Sekolah Pasca Sarjana Cakti Indra Gunawan, SE,.MM,.Ph.D sekaligus pembicara dalam webinar mengatakan, tema tersebut diambil dikarenakan situasi tidak terduga akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat sekarang.

"Karena situasinya krisis dan tak terduga atau unpredictable, dalam webinar ini kita berusaha membicarakan bagaimana solusi dan strategi-strategi, serta kebijakan-kebijakan khusus oleh pemerintah dalam menangani krisis ekonomi dan ketahanan pangan Indonesia," ungkapnya.
Dekan Cakti Indra Gunawan, SE,.MM,.Ph.D 

Lebih lanjut Gunawan menjelaskan dalam hal untuk mencegah agar tidak terjadinya kelangkaan pangan, pemerintah diharapakan untuk segera menguatkan lembaga-lembaga pertanian diantaranya Koperasi Unit Desa (KUD) dan mendorong agar segera mengolah lahan-lahan produktif.

"Kita mengharapkan pemerintah menguatkan kelembagaan-kelembagaannya dan segera mengolah lahan-lahan produktif," imbuhnya.

Gunawan juga berharap masyarakat mandiri dalam ketahanan pangan desa serta berpartisipasi bergotong royong bersama-sama dalam mengatasi situasi krisis sekarang.

"Ya masyarakat diharapkan juga untuk bergotong royong bersama mengatasi situasi krisis ini, memanfaatkan segala potensi yang ada," tutupnya. (Hanif/Yano)

No comments