Fakultas Teknik Unitri Adakan Seminar Nasional Bersama Kampus Luar Negeri

Dr. Nawir Rasidi, St., MT saat diwawancarai papyrus, Sabtu (22/08)

Papyrus - Fakultas Teknik Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang menggelar Seminar Nasional Teknologi Industri Lingkungan dan Infrastruktur.

Bertemakan "Inovasi Dan Rekayasa Green Technology Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0".

Seminar tersebut merupakan kegiatan ilmiah dengan agenda tahunan Bidang Pengelolaan Fakultas Teknik (Tata Kelola, Kelembagaan dan Kerjasama) Unitri.

Ketua pelaksana Rifky Aldila P, ST., MT mengatakan, dosen dan mahasiswa dapat mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk prosiding ber-ISSN (Cetak dan Online).

"Memperkaya/menambah wawasaan akademisi, praktisi dalam mengoreksi karya-karya ilmiahnya, juga bisa berafiliasi oleh perguruan tinggi yang lain," jelas Rifky saat ditemui Papyrus di ruangan Sidang Rektorat lantai dua, Sabtu (22/08).

Penanggung jawab Seminar Nasional Dr. Nawir Rasidi, ST., MT. mengatakan bahwa seminar tersebut merupakan kegiatan yang ke-3 dari tahun 2018 sampai 2020.

"Karena keterbatasan jadi menggunakan sistem online, ini menjadi cikal bakal seminar internasional dengan pembicaraannya saya mengambil topik/bahasanya sudah mulai dalam bahasa Inggris dan kedepannya akan sama," tegasnya.

Nawir Rasidi menjelaskan para pembicara dalam seminar tersebut dari Malaysia yang telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Fakultas Teknik untuk berkerjasama.

"Dalam bentuk Seminar nasional, kuliah tamu/kolaborasi riset penelitian antar dosen, pertukaraan pelajar, juga pertukaran dosen, ini adalah langkah awal seminar nasional untuk berkerjasama dengan kampus luar negeri," terangnya.

Lebih lanjut Nawir menerangkan bahwa sudah ada pesertanya dari Kementerian Performance Based Regulatory (PBR), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kemenristek.

"Kita berkerjasama dengan industri untuk mengaplikasihkan hasil-hasil penelitian dari perguruan tinggi yang dihasilkan oleh para dosen dan mahasiswa," ungkap Nawir.

Ia pun berharap untuk seluruh mahasiswa terlebih khusus Fakultas Teknik harus berperan aktif  dalam kegiatan-kegiatan ilmiah.

"Karena ini merupakan suasana akademik, perguruan tinggi harus menyelenggarakan kegiatan ilmiah yang diproses dengan metode ilmiah dan juga melibatkan para akademisi," tutupnya. (Epak)

2 comments: