PMKRI Gelar Upacara Peringatan HUT RI Sesuai Protokol Kesehatan

Berlangsungnya Upacara Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

Papyrus - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, PMKRI Cabang Malang Sanctus Augustinus menggelar Upacara  Detik-Detik Proklamasi yang berlangsung di lapangan Upacara Margasiswa, Jl. Mayjend Panjaitan No. 22 A. Senin, (17/08).

Upacara tersebut dihadiri oleh Dewan Pimpinan Cabang beserta sejumlah anggota PMKRI Cabang Malang. Upacara tersebut dilaksanakan sebagai ungkapan syukur atas 75 tahun kemerdekaan Indonesia dan wujud cinta atas Tanah Air Indonesia.

Ketua Presidium PMKRI Cabang Malang-Sanctus Augustinus, Benny Terwarat dalam amanatnya menegaskan bahwa perjalanan sejarah Republik Indonesia selama 75 tahun pantas dilihat dan disyukuri.

"Dihari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-75 tahun ini, patut sekali untuk kita syukuri, dikarenakan di Tanah Air Indonesia yang merdeka,  Umat Katolik pun menemukan kemerdekaanya. Tidak hanya umat Katolik, tetapi segenap masyarakat Indonesia juga perlu untuk menyadari bahwa tanggung jawab mempertahankan kemerdekaan adalah tugas dan tanggungjawab kita bersama," pungkasnya.

Benny juga menegaskan terkait posisi PMKRI dalam menyikapi 75 tahun Indonesia dengan selalu peka terhadap segala persoalan situasi bangsa.

"Dengan usia 75 Tahun kemerdekaan RI, PMKRI sebagai Organisasi Pergerakan yang notabene keanggotaannya adalah Mahasiswa, diharapkan PMKRI mampu memahami, mengetahui dan peka terhadap segala persoalan situasi bangsa Indonesia dalam setiap waktu. Jadi, kalau Negara lagi sakit, kondisinya tidak baik-baik saja, maka tugas PMKRI sebagai generasi penerus harus mengobati atau menyikapi dengan berbagai cara demi memulihkan kondisi," tegasnya.

Selain itu, Ketua Presidium Malang juga mengajak setiap anggota PMKRI di seluruh Indonesia, khususnya Cabang Malang untuk mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan-kegiatan produktif dan aksi-aksi nyata di tengah masyarakat.

"Demi keutuhan dan kesatuan Negara Republik Indonesia mari kita sebagai generasi penerus mengisi kemerdekaan ini dengan melakukan kerja sama dan kerja bersama-sama dengan semua komponen masyarakat (agama apapun itu, suku manapun itu, organisasi apapun itu, kelompok masyarakat dan siapa saja), serta menjaga keutuhan dan kesatuan NKRI, namun tetap menjaga independensi perhimpunan," tutur Benny dalam mengakhiri amanatnya.

Antonius Padua, selaku Anggota Muda PMKRI Cabang Malang berharap diusia yang ke-75 Tahun Kemerdekaan Indonesia semoga menjadi lebih baik lagi.

"Harapannya semoga di usia 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, Bangsa Indonesia segera pulih dari kondisi pandemi Covid-19 dan mari kita semua untuk mendukung upaya pemerintah dalam penanganan percepatan penyebaran virus corona," tutupnya. (Anisa)

1 comment: