Tingkatkan Kemampuan Menulis, Papyrus Unitri Adakan Pelatihan Penulisan Berita

Berlangsungnya Kegiatan Pelatihan Penulisan Berita

Papyrus - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Papyrus Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang mengadakan pelatihan kepenulisan berita di Warung Kopi Sinabung, pada Rabu (19/08).

Pembina LPM Papyrus Fathul Qorib, S.I.Kom,. M.I.Kom mengatakan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam teknik wawancara dan kerangka penyusunan penulisan berita.

"Kepenulisan berita itu ada dua yaitu teknis dan substantif, selama ini banyak anak-anak yang menulis dalam bentuk teknis saja," ucapnya.

Fathul juga menerangkan, di Indonesia masih sangat minim dalam tata cara penulisan yang baik dan benar.

"Wartawan di Indonesia terlebih khusus wartawan Lpm masih kurang memperhatikan cara penulisannya, barisan/deretan kata perkata," jelas Fathul.

Adapun Hanifudin Musa selaku Pimpinan Umum (PU) LPM Papyrus mengatakan, diskusi tersebut merupakan inisiatif dari teman-teman pengurus untuk melatih kepenulisan berita anggota LPM.

"Karena melihat banyak teman-teman baik anggota ataupun pengurus masih tidak begitu paham tentang penempatan kata, penyusunan dan teknik wawancara, oleh sebab itu kami berinisiatif mengadakan pelatihan ini" ungkapnya.

Hanif juga berharap kepada teman-teman agar materi yang telah didapat bisa diaplikasikan dalam membuat berita.

"Harapan saya kita harus memiliki target, harus bagus tanpa ada koreksi lagi setelah kita melewati pelatihan selama satu minggu kedepan ini, serta bisa mendistribusikan ilmu yang sudah kita terapkan," tutupnya. (Epak)

No comments