Virtual English Fair, Tema Zoominar Series August 2020 Lab Bahasa Unitri

Zoominar Series August 2020 (Dokumen: Unitri.ac.id)

Papyrus - Sabtu, 22 agustus 2020 telah berlangsung kegiatan Zoominar Series Virtual English Fair yang diselenggarakan oleh Lab Bahasa Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang yang ke-6.

Foto saat kegiatan Zoominar berlangsung
Dengan tema "Deciphering TOEP+TKDA (Mengupas tes TOEP dan TKDA)". Kegiatan ini menggelar serangkaian kegiatan Bahasa Inggris bertajuk "Zoominar Series August 2020-Virtual English Fair".

Kegiatan yang terdiri dari 7 tema seminar tersebut secara online dan gratis disajikan untuk kalangan dosen maupun mahasiswa serta mengundang banyak tokoh dari dosen hingga konsultan Pendidikan berpengalaman.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Tantry Ajeng Pernawati (English Lecturer Of Unitri) dan Winda (Head of Subject Mentoring and Home Schooling Department of CBA).

Bukan cuma itu Zoominar ini turut menghadirkan Sharing Session bersama Sirli MT (Peserta TOEP dan TKDA).

Dalam bulan Agustus terdapat 7 tema yang disajikan, saat ini sudah memasuki Zoominar yang ke-6 dengan rentetan tema "Getting to Know TOEFL and TOEIC" (6 Agustus 2020), dilanjutkan dengan tema kedua "How To Learn English Effectively" (8 Agustus 2020).

Selain itu, beberapa tema lain yang disiapkan diantaranya Scholarship Hunting Tips and Trick (12 Agustus 2020), Overseas Study and Culture Shock (14 Agustus 2020), Academic Writing for Lecturer (19 Agustus 2020), Deciphering TOEP & TKDA for Lecturer (22 Agustus 2020), dan Idiomatic Expression (24 Agustus 2020).

Menurut Sulih Indra Dewi, S.Sos., MA selaku Head of Language Laboratory Unitri, dalam satu minggu difokuskan pada akademisi karena beriringan dengan Zoominar yang sebelumnya.

"Yang sekarang kelanjutan dari hari rabu dan saat ini kami mengangkat tes TOEP untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris dan TKDA adalah tes kemampuan dasar akademik atau bisa dikenal dengan Tes Potensi Akademik (TPA)," ungkapnya.

Dua tes tersebut akan menjadi wajib bagi dosen yang butuh untuk Sertifikasi Dosen (Serdos).

"Lab Bahasa juga menyediakan tema Academic Writing dan tema Deciphering TOEP & TKDA bagi dosen yang butuh untuk sertifikasi dosen," tegas Sulih.

Kegiatan tersebut cukup banyak peserta yang mendaftar, meski dibatasi 100 peserta untuk masing-masing tema, pendaftar terus berdatangan untuk mengikuti kegiatan tersebut.

"Banyak yang mendaftar dan peserta sangat antusias sekali, serta juga banyak peserta memanfaatkan waktunya untuk melakukan tanya jawab atau konsultasi langsung dengan pemateri," tambahnya.

Sulih melanjutkan kegiatan tersebut tidak hanya hari ini saja, minggu depan akan ada tindak lanjut dari Zoominar tersebut dengan menghadirkan pelatihan teacher khusus Lab Bahasa untuk pembelajaran Intensive Academic Writing.

"Lab Bahasa banyak kegiatan terutama Scholarship. Tapi, saya ingin membentuk confession club untuk pembelajaran bahasa Inggris secara daring demi kebutuhan mahasiswa agar mahasiswa yang tertarik bahasa Inggris seminggu sekali bisa berkumpul lewat confession club ini," tutupnya. (Hanif)

No comments