Apresiasi Budaya Malang, Mahasiswa Permata Sakti Unitri Produksi Film Budaya

Sedang berlangsungnya proses pengambilan gambar, di samping Balai kota Malang

 

Papyrus - Mahasiswa Permata Sakti Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang adakan pembuatan film dengan judul "Topengmu Indonesiaku". Dibuat di 5 titik lokasi di Kota Malang. Rabu (18/11/2020).

Koordinator Permata Sakti Dr. Dian Noorvy Kh, ST., MT menjelaskan adanya perencanaan pembuatan film oleh Mahasiswa Permata Sakti dan merupakan program dari Dirjen Dikti (Kemendikbud).

"Mahasiswa membuat sharing budaya, kegiatan kemahasiswaan didalam video tersebut, penalaran dan pengabdian masyarakat yang merupakan tujuan dari Permata Sakti untuk asimilasi budaya dan dibuat dalam bentuk film," jelasnya.

Tujuan dari pembuatan film tersebut adalah untuk mengapresiasikan budaya Malang dan mengkolaborasikan semua budaya yang ada di Unitri.

"Program Permata Sakti kali ini lebih mengarah kepada budaya Jawa timur. Dengan latar belakang mahasiswa Unitri yang  berasal dari berbagai macam kebudayaan yang menjadi wawasan kebangsaan, maka program Permata Sakti mengkolaborasikan itu dalam budaya di Jawa Timur," ungkapnya.

Dian juga menambahkan bahwa film tersebut di Produseri oleh Agung Suprojo, S.Kom, MAP., sekaligus ide cerita. Sedangkan penulis dan pengarah gaya yaitu Dwi Asnawi Nurhananto, S.P, M.P.

"Untuk lokasi pembuatan film ini mulai dari stasiun Kota Malang, Kampus Unitri, keliling Malang dan terakhir di Balaikota Malang," pungkasnya.

Muchammad Abdul Ghofur, S.I.Kom., M.I.Kom selaku Sutradara/Penulis Skrip mengatakan bahwa sebagai bentuk membantu mahasiswa Program Permata Sakti dengan berkerjasama dalam merdeka belajar.

"Keren sekali ya, jadi ini kementerian sendiri memberikan program yang bagus untuk pertukaran mahasiswa Se-nusantara, kemudian tugasnya mengenal budaya dari asal mahasiswa itu sendiri," tuturnya.

Ghofur menambahkan, program Permata Sakti ini membuat mahasiswa saling mengenal satu sama lain yang mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda.

"Di Program Permata Sakti ini mereka bisa mengenal budaya yang ada. Seperti teman-teman dari NTT, Kalimantan yang kuliah di Unitri bisa mengenal budaya Malang itu karena mereka kuliah di Kampus Unitri Malang," tambahnya.

Salah satu mahasiswa Permata Sakti Antonia Maria Oy mengungkapkan pembuatan film tersebut menjadi pengalaman baru dalam pembuatan film tentang kebudayaan.

"Apalagi tujuan dari film ini sangat baik yaitu promosi budaya, ya sesuai dengan judulnya yaitu TopengMu IndonesiaKu,' tutupnya. (Darfin)

No comments