Webinar Profesionalisme Jurnalis, LPM Papyrus Hadirkan Media Kompas

 

Sedang berlangsungnya Webinar Profesionalisme Jurnalis Di Era Banjir Informasi

Papyrus - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Papyrus Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang melaksanakan kegiatan webinar. Jumat, (20/11/2020). 

Kegiatan tersebut bertemakan "Profesionalisme Jurnalis Di Era Banjir Informasi,". Dengan menghadirkan pemateri dari media Kompas. Dan diikuti oleh 100 peserta dari berbagai instansi.

Fabio Maria Lopes Costa selaku pemateri menyampaikan profesionalisme jurnalis ditengah era banjir informasi sangatlah penting karena wartawan yang profesional akan menentukan isi informasi yang akurat, serta benar disampaikan kepada masyarakat setiap hari.

"Keprofesional seorang jurnalis ditengah era banjir informasi sangatlah penting, karena jurnalis berperan penting dan juga yang akan menentukan isi berita yang di sampaikan kepada masyarakat luas, agar masyarakat dapat terhindar dari berita-berita hoax," ungkapnya.

Febio juga menambahkan seorang jurnalis harus mampu memegang falsafah seorang jurnalis, kode etik jurnalis yang sudah ditanamkan oleh para petinggi-petinggi Pers di Indonesia.

"Seorang jurnalis harus mampu memegang falsafah seseorang wartawan, kode etik jurnalistik yang sudah ditanamkan oleh para petinggi-petinggi Pers di Indonesia agar mampu menghindari dan mencegah terjadinya hoax di media sosial," pungkasnya.

Ia berharap seorang jurnalis tidak mengikuti arus yang terus bombastis, tapi harus berpegang teguh pada fungsi dan kedudukan sebagai wartawan yang independen sehingga mampu menyampaikan berita yang baik dan akurat.

"Harapan saya adalah teman-teman wartawan tidak mengikuti arus informasi yang terus beredar, tetapi wartawan harus menyampaikan berita yang bermanfaat dan juga tidak mengikuti berita yang terus bombastis, tetapi harus berpegang teguh pada prinsip seorang jurnalistik itu sendiri," harapnya.

Hanifudin Musa selaku Pimpinan Umum (PU) LPM Papyrus menyampaikan alasannya terkait pemilihan tema webiner tersebut karena dilatar belakangi bahwa informasi sekarang berkembang secara cepat, namun informasinya kurang akurat dan banyak mengandung berita-berita hoax.

"Alasan kami pengurus memilih tema profesionalisme jurnalis pada era banjir informasi, karena banyaknya informasi sekarang berkembang secara cepat dari waktu ke waktu namun masih banyak beritanya yang belum akurat dan mengandung hoax, maka dari itu kami sepakat memilih tema ini untuk bisa mengetahui secara jelas, peran dan fungsi dari seorang jurnalistik yang sebenarnya," tutupnya. (Shelo)

No comments