Belajar Kepemimpinan dan Bela Negara, BEM Unitri Hadirkan TNI/POLRI Dalam Probinmaba

Sedang berlangsungnya kegiatan Probinmaba Via Daring 
Papyrus - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang melaksanakan Program Bimbingan Mahasiswa Baru (Probinmaba). Sabtu, (05/12/20201).

Probinmaba tersebut bertemakan "Kepemimpinan dan Bela Negara" dan wajib diikuti oleh Mahasiswa Baru angkatan 2020.

Kegiatan Probinmaba dihadiri langsung oleh Kapolsek Lowokwaru Josafat W. dan Mahsun Hadi dari Koramil Lowokwaru.

Yohanes Bhoka Pega selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa Probinmaba tersebut merupakan kegiatan yang berkelanjutan dari Ordik.

"Probinmaba ini merupakan kegiatan lanjutan dari Ordik kemarin bagi seluruh mahasiswa baru angkatan 2020 tanpa terkecuali," tuturnya.

Yohanes juga menjelaskan alasan memilih tema Kepemimpinan dan Bela Negara, karena merupakan sesuatu yang wajib dan sangat penting terkait pemahaman bela negara bagi mahasiswa.

"Hal ini juga membantu agar mahasiswa baru bisa mengenal masalah-masalah narkoba dan pengenalan lingkungan di Malang karena mahasiswa Unitri juga banyak yang dari luar Malang sehingga bisa beradaptasi," pungkasnya.

Mahsun Hadi, Koramil Lowokwaru menjelaskan terkait nilai-nilai dari Bhineka Tunggal Ika, bahwasannya semua masyarakat Indonesia harus tetap bersatu.

"Walaupun kita datang dari berbagai daerah, suku dan agama yang berbeda. Esensi dari nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika itu sendiri yaitu nilai toleransi, nilai keadilan dan gotong royong," terangnya.

Josafat W. selaku Kapolsek Lowokwaru menjelaskan terkait  kepemimpinan dalam sebuah organisasi.

"Sebenarnya kepimpinan itu ada pada diri kita sendiri, karena setiap orang bisa menjadi pemimpin, baik untuk diri sendiri, keluarga dan rekan-rekan. Tentunya ada niat untuk menjadi seorang pemimpin dan mempunyai tujuan yang baik terlebih dahulu." jelasnya.

Josafat menekankan terkait hal kedisplinan terhadap aturan-aturan yang ada disuatu daerah yang ditempati mahasiswa sekarang ini.

"Oleh karena itu, mahasiswa semestinya beradaptasi dengan lingkungan sekitar, lebih-lebih menaati aturan lalu lintas," tegasnya.

Josafat W. berharap dan menghimbau bagi  mahasiswa baik mahasiswa baru maupun yang mahasiswa semester atas agar bisa memimpin diri sendiri.

"Jadilah pemimpin yang bijaksana buat diri kita sendiri dan juga buat orang lain. Buat yang adil buat diri kita sendiri dan orang lain. Selama kita belum bisa memimpin diri kita sendiri untuk menuju yang baik, bagaimana kita akan memimpin orang lain," tutupnya. (Tesin/Erna).

No comments