Ikatan Mahasiswa Kedang Malang Adakan Diesnatalis ke-XII Bahas Kehidupan Desa

Pementasan tarian tradisional Kedang, Hedung Mohing Danung saat kegiatan berlangsung, Selasa (26/01/2021)  
Papyrus - Organisasi Kecamatan Ikatan Mahasiswa Kedang Malang (IMAKMA) melaksanakan Diesnatalis Ke-XII, bertempat di Jl. Mayjen Panjaitan No. 22B Malang, Gedung Komkep (Komisi Kepemudaaan Keuskupan Malang), Selasa (26/01/2021).

Kegiatan tersebut mengangkat tema “Uyelewun Bota Ili, Reiq Te Nimon Natan Piling, Adan Reiqte Kahin Hama, Sogang Bitiq Naya Imakma”

Dalam kondisi yang tidak kondusif IMAKMA tetap mengikuti protokol kesehatan yang diarahkan oleh pemerintah, yakni tetap menggunakan masker. 

Ketua Pelaksana Flavius Eliazar K. Payong menjelasakan arti dari tema tersebut adalah saudara dalam satu keluarga dengan tujuan mengingat kembali hari jadi IMAKMA dengan saling merangkum dan tetap solid.

“Artinya bahwa kami mahasiswa yang berasal dari Kedang semua disini adalah saudara dalam satu keluarga, dan tujuan sebenarnya diesnatalis ini bagaimana merangkum keluarga IMAKMA untuk tetap solid, membangun IMAKMA kedepan agar lebih baik lagi. Bahwa pandemi ini seakan membangun sekat-sekat yang memisahkan walaupun satu, kadang tak terlihat," jelasnya. 

Ketua pelaksana Eliazar juga mengatakan bahwa dalam diesnatalis yang ke-XII tersebut akan adakan diskusi bersama, dengan mengangkat tema “Evaluasi Kehidupan Berdesa”.

"Latar belakangnya bahwa kita adalah mahasiswa dimana dalam jargon kami yaitu, salam tubuh upal tawun mawu tema galeka leu auq, dalam artian wadah ini selain dari perkumpulan mahasiswa Kedang, juga mempunyai tujuan untuk nantinya kembali ke desa dan membangun kampung halaman, serta dilatar belakangi terkait bagaimana kedepannya kami ini dalam melihat realita yang ada di masyarakat sebagai output dari kegiatan seperti ini," tuturnya.

Hal senada juga yang dikatakan oleh Sekertaris Umum (Sekum) IMAKMA Sidik Leutuan, bahwa mengangkat tema diskusi tersebut dapat memberi pemahaman bagi anggota organisasi dalam melihat realita.

“Yang kita lihat hari ini desa masih banyak problem, terkait dana desa dan lain sebagainya, karena ada juga kemarin Bantuan Lansung Tunai (BLT) dana desa sebagaimana hari ini ada yang menerima dan ada yang tidak menerima," pungkasnya.

Sidik juga berterimakasih kepada panitia yang telah bekerja keras dalam menyukseskan acara diesnatalis yang ke-XII dengan harapan IMAKMA akan tetap solid.

“Kegiatannya kami persiapkan dari jauh dan saya berterimakasih kepada kepanitiaan yang telah bekerja keras dalam menyukseskan acara ini dari awal sehingga berjalan lancar sampai akhir. Harapannya lebih kompak, lebih bagus dan lebih baik lagi kedepannya dan hubungan antar anggota juga semakin solid dan sistem kaderisasinya pun semakin maju biar melahirkan kader-kader yang berintelektual," tutupnya. (Ryani)

No comments