Beri Bekal Hadapi Dunia Kerja, Unitri Hadirkan Dinas Tenaga Kerja Kota Malang

Sedang berlangsung pemberian materi oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Malang

Papyrus Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, mengadakan kegiatan pembekalan alumni dalam menghadapi dunia kerja, yang bertempat di Graha Utama Unitri, Kamis (08/04/2021).

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Malang ini sekaligus juga dengan pendaftaran untuk bursa kerja khusus bersama dengan dinas terkait tersebut.

Koordinator Pusat Karir Alumni Unitri Dwi Asnawi Nurhananto,SP.,MP (kiri) saat ditemui wartawan Papyrus (kanan) 

Dwi Asnawi Nurhananto,SP.,MP. selaku Koordinator Pusat Karir Alumni Unitri mengungkapkan, kegiatan pembekalan ini berlangsung selama tiga hari dan diadakan secara online. Akan tetapi hari ini diadakan secara offline dikarenakan dihadiri langsung oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Malang.

"Hari pertama itu secara online, diajari cara membuat surat lamaran yang baik dan bagaimana sikap dalam wawancara kerja. Praktek untuk membuat surat lamaran kerja dan aplikasi surat lamaran kerja yang bagus itu pada hari ini, karena kami undang untuk menerima pembekalan secara tatap muka bersama dengan staff dari Dinas Tenaga Kerja Kota Malang, ujarnya.

Foto bersama para alumni beserta staff Dinas Tenaga Kerja Kota Malang

Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka menyambut kampus merdeka, yang dimana kampus tetap proaktif mempersiapkan para alumni dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

Dwi juga menambahkan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh alumni yang berasal dari berbagai macam program studi.

"Mereka yang datang kemarin sudah membuat aplikasi lamaran berdasarkan pembekalan yang dilakukan secara online," tuturnya.

Dwi juga mengungkapkan bahwa sebenarnya pembekalan tersebut berlaku untuk seluruh alumni, akan tetapi kondisi tidak memungkinkan.

"Pembekalan ini untuk seluruhnya sebanyak 433, tapi karenakan melihat kondisi yang terjadi, akhirnya diseleksi. Nanti kedepannya mudah-mudahan bisa merata untuk seluruh alumni. Bukan berarti kami pilih kasih, tetapi kondisinya memang harus seperti ini," ungkapnya.

Dwi berharap agar dapat membantu para alumni yang berasal dari luar Jawa dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

"Kami dari pusat karir bisa menjembatani mereka ke dalam dunia kerja, karena alumni dari Unitri sebagian besar adalah dari Nusa Tenggara, kemudian dari Kalimantan. Bagaimana cara kami agar meskipun kami kerja samanya dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Malang tapi bisa menyelingkan dengan daerah asal dari mahasiswa," tutupnya.

Staff Dinas Tenaga Kerja Kota Malang, Manake B. Triawan (kiri) saat ditemui wartawan Papyrus (kanan)

Manake B. Triawan selaku pemateri dalam pembekalan tersebut, menekankan bahwa peluang kerja tidak hanya ada di Kota Malang.

"Memang Kota Malang adalah kota pendidikan dimana ada 63 kampus dan 55 SMK yang siap kerja. Tapi kalau hanya ingin bekerja di Kota Malang itu persaingan akan sangat susah, dan itu yang mengakibatkan kenapa Kota Malang penganggurannya selalu besar," tuturnya.

Manake juga berharap agar setiap alumni terbuka wawasannya dalam memilih peluang kerja.

"Saya harapkan kedepan itu mereka terbuka wawasannya, bahwasannya peluang kerja itu tidak hanya di Kota Malang, di luar juga banyak," tegasnya. (Tesin)

No comments