Cara PKL Prodi Komunikasi Unitri, Simak Prosedurnya di Sini

Fathul Qorib saat ditemui wartawan Papyrus
Papyrus - Kepala Program Studi (Kaprodi) Ilmu Komunikasi, Fathul Qorib mengungkapkan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dunia industri, terkhusus industri komunikasi tidak bisa tergantikan dengan apapun, Jumat (16/4/2021).

"Pertama kita tetap mewajibkan mahasiswa PKL di industri komunikasi, normal seperti biasa, jadi bagi mahasiswa jurnalistik tetap PKL di media masa, radio, media cetak, media online, televisi, majalah dan lain sebagainya, kita tetap mewajibkan mereka untuk itu," jelas Fathul terkait tiga pilihan PKL Ilmu Komunikasi Unitri.

Dia juga menambahkan bahwa tidak ada pembatasan yang diberlakukan oleh Prodi untuk mahasiswa yang sedang melakukan PKL.

"Jadi kita tidak membatasi bahwa pandemi kemudian, yaudah karena pandemi kalian ngak usah PKL, ngak gitu. Tapi tetap bagi yang mau PKL sangat saya sarankan untuk PKL di dunia industri, ini memang tidak bisa digantikan dengan apa pun, ungkapnya dengan saran untuk tetap menjalankan protokol kesehatan ketika PKL,” ujarnya.

Fathul melanjutkan, kemudian yang kedua untuk mahasiswa yang masih dikampungpun diharuskan untuk melakukan PKL di dunia industri.

"Bagi yang di kampung, kita tetap mengharapkan mereka untuk PKL di dunia industri komunikasi juga. Jadi banyak yang di kampung, akhirnya mereka tidak bisa PKL, kita berharap datang ke Malang, karena di Malang ini walaupun kotanya setengah metropolitan tapi banyak industri komunikasinya, sebab kalau di desakan industinya industri perdesaan," ungkapnya lagi.

Dia menambahkan, jika ada mahasiswa yang memiliki kampung di Kabupaten Kota atau Provinsi maka bisa juga PKL disana, tapi tetap di industri komunikasi.

"Tapi kalau teman-teman di kampung ini mereka ada di kota kabupaten, di provinsi maka boleh, sama aja industri komunikasinya, media masa, humas di industri, TV Film, di production house dan lain sebagainya. Jadi tetap sama di industri komunikasi," tambahnya.

Yang ketiga Fathul menerangkan bahwa Prodi juga mengijinkan untuk mahasiswa PKL di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

"Kemudian yang ketiga mahasiswa boleh PKL di FISIP, kita perbolehkan. Nanti akan dipandu, dibimbing oleh dosen pembimbing untuk mengerjakan kerja-kerja karya komunikasi,” ucapnya.

Dijelaskan juga, bahwa setiap mahasiswa yang PKL di FISIP diarahkan juga sesuai dengan konsentrasinya masing-masing.

"Jadi kalau dia anak TV Film kita minta dia untuk bikin film, kalau saya biasanya minta 5 sampai 10 film. Kalau dia anak Jurnalistik kita minta untuk nulis di Papyrus atau bikin berita TV dan kalau dia anak PR kita minta untuk membranding Prodi atau Fakultas atau Universitas dengan menggunakan berbagai cara branding yang sudah diajarkan di konsentrasi PR,” tutupnya. (Alex/Rinda/Diana)

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.