Manfaatkan Kuliah Daring, Mahasiswa Unitri Sempatkan Waktu Untuk Bekerja

Mahasiswa Unitri, Antonius Padua saat ditemui wartawan Papyrus
PapyrusSalah satu mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang memanfaatkan kuliah daring dengan bekerja di Jazz Kaffe, Jln. Sidomakmur 115 Jetaksari Dau Malang, Kamis (22/04/2021).

Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik tersebut bernama Antonius Padua alias An lebih memilih untuk kuliah sambil kerja demi untuk memudahkan orang tua dalam membiayai perkuliahan dan biaya hidupnya di Malang.

"Motivasi saya kuliah sambil kerja ialah untuk membantu orang tua, agar mereka tidak terlalu beban kirim uang setiap bulan, dengan mencari sendiri akan lebih memudahkan. Kemudian dengan kuliah sambil kerja bisa lebih banyak relasi dengan teman dari berbagai daerah dan juga mengembangkan potensi yang ada dalam diri,” kata An saat ditemui wartawan Papyrus, Kamis (22/04/2021).

Antonius juga menyampaikan dampak dari pandemi Covid-19 terhadap mahasiswa sangat terasa apalagi pemerintah memperpanjang kuliah daring. Untuk itu agar tetap produktif di waktu pandemi seperti sekarang ia berusaha untuk mencari pekerjaan yang layak agar waktu tidak terbuang sia-sia.

"Saya sudah bekerja disini sudah masuk dua bulan, awal Maret saya masuk sampai sekarang saya berkerja disini,” ujarnya.

Sebagai mahasiswa aktif Program Studi Administrasi Publik, tidak terlepas dari kendala waktu kuliah dan bersamaan jam kerja serta menyelesaikan tugas akademik yang harus diprioritaskan.

"Antara suka dan duka itu memang selalu ada. Sukanya saya shift sore jam 3 sampe jam 12, bahkan lebih dari itu ketika pengunjung caffe lagi rame sehingga akan berdampak terhadap perkuliahan. Apalagi kalau kuliah jam 08:00 saya sering telat mengikuti perkuliahan dikarenakan bangun terlambat,” imbuh mahasiswa Semester 4  tersebut.

Antonius juga menjelaskan terkait gaji yang didapat perbulannya bisa memenuhi kebutuhan hidup selama di Malang.

"Bicara tentang gaji saya pikir cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup di Malang. Dari pada saya duduk diam saja di kos belum tentu akan mendapatkan hal yang baru,” pungkasnya.

Berbagai cara yang telah dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Administrasi Publik tersebut agar bisa kuliah sambil kerja demi mengasa kemampuan yang dimiliki dan juga dalam mempersiapkan tantangan dunia kerja.

"Pengalaman banyak dan melatih diri untuk mencari uang. Hari ini adalah suatu pelajaran karena kuliah sambil kerja adalah hal baru dan saya akan memanfaatkan betul-betul untuk mengembangkan potensi dalam diri,”  tutupnya. (Nano/Freder)

 

Tidak ada komentar