Putuskan Wilayah Aglomerasi, Kepala Dishub Jatim Tetap Larang Mudik

Foto : Internet
Papyrus - Nyono Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim menegaskan, perjalanan mudik lebaran 2021 di wilayah Aglomerasi Jatim (Gerbangkertosusila) selama 6-17 Mei mendatang tetap dilarang.

Wilayah Aglomerasi di Jatim sendiri adalah wilayah Gerbang Kertasusila yang meliputi  Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, dan Bangkalan.

Akan tetapi Nyono, megaskan untuk perjalanan orang di wilayah Aglomerasi diperbolehkan, seperti berkerja atau urusan ekonomi lainnya. Namun, jika tujuannya adalah untuk mudik tetap dilarang.

“Kalau substansinya untuk mudik tetap tidak boleh walaupun diwilayah Aglomerasi,” tuturnya dilansir dari suarasurabaya.net, Jumat (16/4/2021).

Nyono menegaskan bahwa meski demikian, orang yang akan melakukan aktivitas diwilayah Aglomerasi tetap harus bersiap-siap membawa surat keterangan dari tempat dia bekerja.

Melihat banyaknya pemberitaan tentang kebijakan pemerintah pusat yang membolehkan mudik lokal disejumlah wilayah Aglomerasi, Ngono, mempertegas pernyataannya bahwa ada kesalahn miskomunikasi.

“Itu ada miskomunikasi. Antara memperbolehkan mudik dengan memperbolehkan perjalanan orang. Itu beda. Kalau perjalanan orang di wilayah aglomerasi masih dibolehkan. Tapi untuk mudik, wis jelas enggak boleh,” ujarnya.

Dalam informasi yang dilansir dari timesindonesia.co.id dijelaskan masa cuti lebaran tahun ini hanya 1 hari saja yakni pada 12 Mei 2021. Sementara pemerintah telah melarang mudik sejak tanggal 6 hingga 17 Mei 2021, pada tanggal itu aktivitas kerja masih berjalan.

Sementara itu, dari adanya larangan mudik, Polda Jatim telah menyiapkan 7 titik penyekatan diantaranya yakni perbatasan Tuban-Rembang, perbatasan Bojonegoro-Cepu, perbatasan pelabuhan Ketapang Banyuwangi-Gilimanuk Bali, Ngawi Matingan-Sragen, perbatasan Magetan-Karanganyar, perbatasan Pacitan Donorojo -Wonogiri.

Personel yang dilibatkan merupakan gabungan dari Polri, TNI, BPBD, Dishub, Satpol PP, Dinkes, Satgas Covid-19, dan lembaga masyarakat lainnya. Mereka akan mulai siaga sepekan sebelum lebaran. (Hanif)

Tidak ada komentar