Simak! Pandemi Tak Jadi Halangan, Prodi Agribisnis Tetap Adakan Diklat Online

Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Agribisnis, Ari Gunawan saat ditemui Papyrus 
Papyrus - Himpunan Mahasiswa Agribisnis (HIMAGRI) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) kepada angkatan 2020 secara online via zoom, Sabtu, (24 /04/2021). 

Seperti diketahui, alasan pandemi menjadi halangan bagi semua jurusan yang ada di Unitri untuk mengadakan Pendidikan dan Pelatihan jurusan. Namun, berbeda dengan jurusan yang satu ini tetap diadakan yakni secara daring.

Berlangsungnya diklat online HMJ Agribisnis 
Hal ini diketahui dari Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Agribisnis, Ari Gunawan mengungkap, bahwa yang pertama mengadakan diklat secara online dimasa pandemi hanyalah prodi Agribisnis sendiri sedangkan yang lain sejauh ini belum menerapkan sistem diklat online tersebut.

"Ini mungkin dari HMJ dilingkup Unitri pertama ya Agribisnis yang menyelenggarakan diklat, karena memang direncanakan offline tapi karena sampai sekarang kita belum bisa menyelenggarakan offline sehingga kita berinisiatif untuk menyelenggarakan diklat secara online karena pandemi masih tidak tau sampai kapan," ungkapnya saat ditemui wartawan Papyrus di Graha Lantai 2.

Kegiatan diklat tersebut diselenggarakan selama sehari, melalui via zoom diikuti ole peserta kurang lebih 80 orang. Kemudian, ada 6 materi yang akan dipaparkan yaitu dari Program Studi Agribisnis sendiri dan juga materi pembekalan yang akan disampaikan oleh beberapa pemateri lainnya. 

Lanjud Ari, tujuan dari diadakannya diklat ingin menambah pengetahuan terhadap mahasiswa baru Prodi Agribisnis mulai dari pengertian prodi, peminatan dan soft skill tentang keorganisasian.

"Karena kita tau mereka tidak tau kampusnya seperti apa dan sebenarnya kita ingin menambah pengetahuan yang ada dijurusan mulai dari pengertian di program studi kemudian peminatan yang ada diprogram studi kemudian juga menambah soft skill mereka tentang keorganisasian dan lain sebagainya," ujarnya. 

Dengan mengharapkan peserta yang ikut dalam Diklat tersebut memiliki prestasi maupun beretika, HMJ Agrisbisnis memilih tema "Membentuk Mahasiswa Agribisnis yang Beretika dan Berprestasi". 

"Karena prestasi tanpa etika sama saja bohong dan etika tanpa prestasi tidak berarti apa-apa sehingga kita pingin mahasiswa agribisnis ini selain memiliki etika yang bagus meningkatkan prestasi Agribisnis," jelasnya.

Ari menerangkan, keterlambatan penyelenggaraan diklat ini karna dari panitia berharap bisa menyelenggarakan secara offline, ditunggu hingga semester 2 melihat pandemi dan pihak kampus masih belum mengizinkan kegiatan offline

"Sehingga kita terpaksa menyelenggarakan untuk secara online dan klo misalkan kita tidak selenggarakan sampai saat ini mau sampai kapan kita melakukan diklat ini," tuturnya. 

Ari mengaku tidak ada kendala saat persiapan, hanya saja saat pelaksanaan terkendalan jaringan, materi yang diterima mahasiswa pun tidak semaksimal seperti bila diselenggarakan secara offline.

Terlepas dari itu, Ari bersama panitia berharap agar materi yang diterima Peserta bisa bermanfaat serta menjadi bekal saat kuliah offline nanti. 

"Harapan kita dari panitia dan pengurus himpunan bahwa ini menjadi gerbang masuk  buat teman-teman mahasiswa argribinis untuk bergabung di himagri unitri menjadi bagian dari keluarga besar himagri unitri," tutupnya. (Akmal/Rinda)

1 komentar:

  1. Jurusan Agribisnis pasti semangat walaupun diklatnya melalui daring online.

    Terimakasih untuk semuanya.

    BalasHapus