Berangkat Dari Hobi, Pria Asal Kepanjen Memulai Bisnis Menjual Ikan Cupang

Adhitya Prasetya Wibowo (kanan), Penjual Ikan Cupang di Transmart MX Mall Malang

Papyrus - Karena Hobi dan merasa memiliki keunikan merawat ikan cupang, warga asal Kepanjen Kabupaten Malang Jawa Timur Adhitya Prasetya Wibowo (25) saat ini memilih menjadi penjual Ikan Cupang yang bertempat di Transmart MX Mall Jl. Veteran No.8 Kota Malang, Sabtu (01/05/2021).

Saat ini Adhitya menekuni hobinya sejak 2006 yang lalu dan bermula membawa ikan cupang untuk dijual sebanyak 200 ekor ikan.

Selain disukai sebagai hobi, akhirnya ikan tersebut menjadi bisnis yang menguntungkan olehnya. Diketahui, saat ini Adhitya membudidayakan ikan cupang di rumahnya sebanyak 500 ekor dan terdiri dari berbagai macam jenis yang kemudian dia jual di Transmart MX Mall Malang.

"Saya buka menekuni ini dengan modal sekitar 400ribuan mas. Dan Alhamdulillah modal awal sudah kembali," ungkapnya.

Ikan cupang miliknya bisa dilihat dan dicari melalui akun Instagram maupun akun Facebook resminya bernama tims.betta. Akun ini dibuat dengan tujuan menarik perhatian orang dengan ikan cupang peliharaannya  melalui akun media sosial miliknya sekaligus agar tetap bisa dilihat juga bagi yang tidak bisa hadir ke Transmart Malang.

Saat ini namanya kini terkenal sebagai peternak yang sukses membudidayakan ikan cupang hias di Kepanjen. Adhitya juga mengaku bahwa memelihara ikan cupang lumayan mudah dibandingkan dengan ikan hias yang lainnya.

Berbagai faktor harus diperhatikan agar dapat menghasilkan ikan cupang yang bagus, salah satu yang penting adalah kualitas air. Karena apabila memperhatikan kualitas air, maka faktor genetik mempengaruhi dan menghasilkan anakan yang bagus.

"Perawatannya mudah. Asal kita tahu bagaimana kita mengetahui kualitas air. Serta segi faktor genetiknya. Genetika yang bagus akan menghasilkan anakan yang bagus. Kalau sudah induknya asal-asalan yaudah breedingnya juga jadinya asal-asalan," tutupnya.(Zainal A)

Tidak ada komentar