Di Tengah Pandemi, Mahasiswa Dituntut Untuk Kreatif dan Mandiri Dalam Kuliah Daring

Herkulanus Konap, Salah satu mahasiswa STAKAT Negeri Pontianak

Papyrus - Tahun 2021 Indonesia masih berupaya untuk menuntaskan pandemi Covid-19. Mahasiswa juga terpaksa kuliah dari rumah serta di tuntut untuk lebih mandiri dan kreatif, Jumaat (21/05/2021).

Akibat Pandemi banyak mahasiswa di Indonesia merasa kesulitan ketika melaksanakan kegiatan perkulihan sistem Daring. Banyak tugas yang tidak bisa terselesaikan tepat waktu, karena kendala jaringan internet, dan kuota internet serta sarana lainnya yang tidak mendukung.

Perkuliahan sistem Daring juga dibatasi oleh waktu, sehingga banyak materi yang diberikan Dosen yang tidak dipahami. Namun mahasiswa dituntut untuk lebih mandiri dan kreatif.

Salah satu mahasiswa STAKAT Negeri Pontianak Herkulanus Konap, menyampaikan ditengah pandemi sumber dari buku susah untuk diperoleh, maka mahasiswa harus kreatif mencari sumber lain.

“Untuk referensi dari buku-buku dan jurnal sulit untuk didapatkan karena dimasa pandemic dan perkuliahan dilaksanakan dari rumah, sekarangkan lagi berada di kampung juga, perpustakaan juga jauh, jadi untuk sekarang agar lebih kreatif dan mandiri ya cari referensi dari sumber-sumber online," katanya saat di jumpai Wartawan Papyrus.

Herkulanus Konap juga mengungkapkan sumber-sumber pembelajaran bukan hanya dari perpustakaan, tetapi ada yang basisnya lebih luas lagi didalam internet.

“Saya lebih mandiri lagi, ternyata sumber-sumber pembelajaran lebih luas lagi, biasanya saya terpaku pada buku-buku yang ada di perpustakaan. Tetapi dipandemi ini, pengetahuan saya tentang sumber-sumber pembelajaran lebih luas, bisa dari sumber-sumber online," ungkapnya.

Ia juga berharap kepada Pemerintah agar memberikan bantuan untuk mendukung pembelajaran sistem Daring ditingkatkan lagi.

“Seandainya pandemic Covid-19 belum berlalu, dukungan dari pemerintah untuk bantuan internetnya ditingkatkan lagi, seperti Kuota agar memperlancar proses belajar online," tutupnya. (Adri)

Tidak ada komentar