Kuliah Sambil Kerja, Begini Ungkap Salah Satu Mahasiswa Unitri Malang

Emanuel Leto Ati, Mahasiswa Ilmu Komunikasi

PapyrusSalah satu mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang Emanuel Leto Ati memilih kuliah sambil kerja di Kedai Kopi Nona manis, Jl. Simpang Gajayana No.74, Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, kota Malang, Kamis (20/05/2021).

Emanuel saat ini sedang menempuh Pendidikan S-1 jurusan Ilmu Komunikasi di Unitri semester akhir. Ia lebih sibuk bekerja di kedai kopi nona manis mengisi waktu senggangnya. Ia bekerja dengan tujuan meringankan beban orang tua dan mencari pengalaman.

"Karena saya terlahir dari keluarga yang kurang mampu dan maka dari itu saya ingin meringankan beban orang tuaku agar sedikit membatu mereka, disamping itu juga saya bisa mendapatkan banyak  pengalaman kerja terutama dibidang wirausaha. Kulia online ini banyak memberikan saya peluang bagaimana memanfaatkan waktu kosong dengan kerja yang bisa bermanfaat bagi hidup saya di tanah rantau," ungkapnya.

Setiap orang pasti bisa untuk menyelesaikan kegitannya masing-masing walau dalam kaadaan sesulit apapun yang paling penting adalah berjuang dan berusaha. Emanuel mulai bekerja sambil kuliah dari tahun 2018 dengan memanfaatkan dan memanajemen waktu dengan sebaik mungkin.

"Mumpung sekarang saya sekarang sudah semester akhir dan tidak ada lagi mata kuliah dan saya sekarang hanya fokus di skripsi saja. Makanya saya luangkan waktu untuk bekerja, sesudah pulang kerja saya masih adakan waktu untuk tetap kerjakan tugas akhir karena itu tujuan utama saya dan kewajiban saya sebagai mahasiwa untuk menyelesaikan  yang sudah di utamankan dari awal dengan orang tua saya agar dapat membahagiakan mereka," jelasnya.

Emanuel menuturkan, kedua orang tuanya di kampung mengetahui kegiatan kuliah sambil bekerja. Penghasilan perbulanpun dapat memenuhi kebutuhan hidupnya di Malang.

"Orang tua saya tau dan mereka bangga dengan saya bisa menjalani hidup seperti sekarang ini setidaknya meringankan beban mereka dengan pendapatan dan gaji saya itu di hitung  perbulan. Kalau perbulan rame berarti bisa dapat gajinya Rp 1.000.000 tapi kalau sepi bisa saja pendapatan saya per bulan itu Rp 900.000. Dengan pandapatan dan gaji seprti itu sangat memuaskan bagi saya dan saya betah sekali kerja di tempat ini," ungkapnya.

Besar harapan dari mahasiswa Ilmu Komunikasi ini adalah manyelesaikan skripsi tepat waktu. Selain itu, dapat pengalaman yang banyak dalam dunia kerja dengan memanfaatkan kesempatan di masa Pendemi ini.

"Harapan saya kedepannya semoga saya bisa menyelesaikan tugas akhir secepatnya dan juga pengalaman yang saya dapat ditempat kerja bisa menjadi panutan buat adik-adik saya terus dari pengalaman kerja saya ini bisa bermanfaat bagi masa depan saya ketika tamat kulia nanti," tutupnya. (Erna/Anggelinal)

Tidak ada komentar