Minimalisir Penyebaran Covid-19, Warga RW 03 Sukun Gelar Penyemprotan Desinfektan

Salah Satu Warga Saat Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Papyrus - Dalam upaya meminimalisir penyebaran Covid-19, warga RW 03 Sukun Malang adakan penyemprotan desinfektan tiap Sabtu, Senin (24/05/2021).

Dalam kondisi pandemi seperti ini, banyak hal yang dilakukan masyarakat untuk mencegah maupun meminimalkan penyebaran Covid-19. Dari penerapan pola hidup bersih, penggunaan masker, serta social distancing. Sejak kemuculannya di 2020 Covid-19 nmenjadi salah satu penyakit yang ditakuti semua kalangan, bagaimana tidak, Covid-19 bisa menyerang dan menewaskan seorang tanpa gejala.

Karena itu, warga RW 03 Sukun Malang menggalakkan kegiatan penyemprotan desinfektan, kegiatan ini mulai dilaksanakan sejak 2020. Awalnya kegiatan ini dilaksanakan hanya bermodalkan alat penyemprotan yang dipinjam serta desinfektan hasil swadaya masyarakkat setempat.

Kegiatan penyemprotan ini sejak pertengahan 2020 di dukung oleh KPJ (Perkumpulan Pengusaha Periklanan) di Jawa Timur berupa APD dan masker. Dengan jargon  “Kita Tenang Kita Menang” warga setempat antusias dalam melakukan penyemprotan.

Selaku ketua tim relawan satgas Covid RW 03 Gatot Adi Basuki memaparkan pada tahun 2020 kegiatan penyemprotan dilaksanakan dua kali dalam seminggu karena pada saat itu banyak warga yang masih WFH. Sedangkan di tahun 2021 ini penyemprotan hanya dilakukan di hari Sabtu pada pukul 19.30 karena warga sudah mulai bekerja secara normal.

“Kita melakukan penyemprotan ini dari Maret 2020, dulu penyemprotan dilakukan 2 kali dalam seminggu namun kini hanya seminggu sekali yaitu pada hari sabtu saja karena menunggu waktu luang masyarakat, kan sudh mulai bekerja secara normal lagi,” ungkap Gatot.

Gatot juga mengungkapkan kebiasaan baik ini mendapat sorotan dari pemerintah dan menjadi contoh bagi warga RW lain di daerah sekitaran Sukun.

“Alhamdulillah ya lambat laun kegiatan penyemprotan ini mendapat sorotan dan apresiasi dari pemerintah, RW kami juga dijadikan contoh PHBS bagi RW lainnya di kelurahan Sukun ini,” tutup Gatot. (Rayna)

Tidak ada komentar